1.345 Surat Suara di OKU Rusak

0
Relawan KPU saat melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara di gudang logistik KPU.
Relawan KPU saat melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara di gudang logistik KPU.

BATURAJA (fokus-sumsel.com) –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menemukan ada 1.345 surat suara yang rusak dengan rincian 955 surat suara rusak untuk Pilpres 2019 dan 390 lembar surat suara untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Temuan itu terjadi di hari pertama pelipatan surat suara yang dilakukan di gudang KPU, Jl A Yani Km 5, Kemelak, Baturaja.

Jenis kerusakannya pun beragam. Diantaranya, ada bercak tinta. Ada yang kertasnya renyek alias kusut. Ada pula sebagian yang belakang kertasnya kosong, dalam arti tidak ada space untuk tanda tangan KPPS. Termasuk pula, ada yang gambarnya tembus.

Ketua KPU OKU, Naning Wijaya, merinci untuk surat suara Pilpres yang diterima pihaknya sebanyak 263.224 lembar.

Dari hasil sortir, sebanyak 262.582 lembar surat suara yang bisa digunakan. 955 lembar diantaranya rusak. Kekurangannya termasuk yang rusak, sebanyak 642 lembar.

Untuk surat suara DPD, yang diterima KPU, terdata sebanyak 263.224 lembar. Hasil sortir, sebanyak 259.394 lembar yang bisa digunakan. Sementara, 390 lembar diantaranya dalam kondisi rusak. Kekurangan untuk surat suara DPD ini sebanyak 3.830 lembar.

“Ini data awal setelah proses lipat selama dua hari (Rabu dan Kamis). Sekarang dalam proses sortir. Yang rusak akan kita laporkan. Dan kita minta diganti dengan kekurangannya,” ujar Naning.

Bagaimana dengan surat suara DPRD Kabupaten? Naning menuturkan, surat suara untuk DPRD Kabupaten belum dilipat.

Ini dikarenakan gudang tempat pelipatan sedang dilakukan sortir, sekaligus sedang diberesi dulu.

“Untuk sementara, kita istirahatkan dulu. Karena pertama gudangnya sedang diberesi. Kedua, sekalian kita menunggu surat suara untuk DPR RI dan Provinsi,” tandasnya. (kie)