10.696 Surat Suara di OKU Rusak

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Pelipatan dan penyortiran surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota telah selesai, Sabtu (30/3) lalu. Sebanyak 10.696 surat suara di 5 pemilihan dinyatakan rusak oleh KPU Ogan Komering Ulu (OKU).

Naning Wijaya ST, Ketua KPU OKU saat dikonfirmasi Senin (1/4) mengatakan, 10.696 surat suara yang rusak itu terdiri dari 831 Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden, 3.830 Surat Suara DPD RI, 1.745 Surat Suara DPR RI, 1.541 Surat Suara DPRD Provinsi.

“Untuk DPRD Kabupaten OKU juga ada yang rusak. Diantaranya Dapil 1 sebanyak 422 surat suara, Dapil II 499, Dapil III 760 surat suara. Yang agak banyak itu di Dapil IV ada 1828 surat suara yang rusak di dapil tersebut,” kata Naning.

Dijelaskan Naning, surat suara yang rusak banyak didominasi gambar surat suara yang kabur, ukuran cetakan tidak simetris serta beberapa faktor yang lainnya. “Kita sudah mengirimkan Berita Acara surat suara yang rusak ke KPU pusat untuk minta ditindak lanjuti,” kata Naning.

Naning juga menambahkan, jika kekurangan surat suara diakibatkan surat suara yang rusak akan dikirimkan diawal April nanti. “Yang jelas sebelum 7 April surat suara tersebut sudah sampai di OKU,” pungkas Naning. (ags)