10 Tahun Tak Berfungsi, Pembangunan Pasar Induk Mubazir

0

BATURAJA –Keberadaan pasar induk di Batu Kuning Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), kembali menjadi sorotan.

Pasalnya, terhitung sudah 10 tahun pasar Induk itu tak berfungsi sebagaimana mestinya. Itu jika dihitung sejak peresmiannya, yang dilakukan pada April 2009 silam.

Oleh karenanya, DPRD setempat berharap pihak eksekutif, dalam hal ini Pemkab OKU setempat dapat segera mengambil langkah dan upaya memfungsikan bangunan yang menelan dana lebih kurang 22 miliar rupiah lebih dari apbd tahun 2007 itu.

“Kita harap Pemerintah kabupaten segera berupaya memfungsikan pasar induk. karena, dana yang sudah digelontorkan untuk pembangunannya tidak sedikit. Kan mubazir,” kata Ketua DPRD OKU, Zaplin Ipani.

Ia pun tahu kalau saat ini, kondisi fisik bangunan pasar induk itu tidak layak lagi. Selain ditumbuhi rerumputan liar, di beberapa bagian bangunan sudah banyak yang lapuk dan keropos.

Belum lagi, pada malam hari, areal pasar induk yang sepi dan gelap, itu kerap dimanfaatkan oknum untuk berbuat tidak senonoh dengan pasangannya.

“Makanya kita akan segera berkoordinasi dengan Pemkab, membahas bagaimana kelanjutan bangunan senilai miliaran rupiah yang mubazir itu,” tandasnya.

Sementara itu, warga OKU berharap Pemkab dapat menyelamatkan keberadaan pasar induk Batu Kuning. Karena dengan tidak kunjung difungsikannya pasar induk, banyak menyeret ke persoalan lain. Salah satunya, tata kota yang tidak beraturan. “Namanya pasar induk, harusnya bongkar muat disini,” ujar Mus, salah satu warga Baturaja. (ags)