107 Rumah di Gang Santai Kertapati Ludes Dilalap Api

0

PALEMBANG -Kebakaran hebat yang terjadi di Gang Santai, Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati Palembang, menghanguskan ratusan rumah warga. Api dengan cepatnya melalap sedikitnya 107 rumah yang ada di pemukiman padat penduduk tersebut.

Merasa panik, banyak warga yang langsung menyelamatkan diri dan beberapa barang berharga dari amukan ‘Si Jago Merah’. Dari data sementara yang dihimpun hingga sore ini, sedikitnya ada 131 KK atau 532 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Kebakaran yang terjadi di Jalan Ki Kemas Rindo ini diketahui warga Rabu (10/7) sekitar pukul 10.00 WIB. Penyebabnya disiniyalir dari meledaknya kompor gas salah satu rumah warga. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 12.00 WIB oleh tim Dinas Pemadam Kebakaran.

Tim Emergency Response ACT Sumsel sendiri sudah ada di lokasi untuk membantu evakuasi para korban dan harta bendanya sejak siang tadi.

Diwa, salah satu staff yang semenjak siang sudah di lokasi mengatakan, kebakaran tersebut menyasar 4 RT sekaligus. “Kejadiannya begitu cepat. Lokasi kebakaran kira-kira 100 meter dari jalan akses utamanya. Lokasi agak ke dalam,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan, sejauh ini belum tersedia dapur umum dan tenda pengungsian di lokasi kejadian. “Pemadaman juga baru selesai. Meski begitu, hari ini juga kita dirikan posko utama bantuan ACT di RT 26,” ujar Diwa.

Sementara Ardiansyah, Branch Manager ACT Sumsel mengatakan, tim Emergency Response ACT mulai hari ini akan membuka posko bantuan di lokasi guna membantu meringankan bantuan untuk penyintas kebakaran di empat RT Kelurahan Ogan Baru Kertapati Palembang ini.

“Bantuan seperti makanan langsung, pakaian, selimut, handuk, sendal, diapers, pembalut wanita sangat dibutuhkan oleh warga saat ini,” ujar Ardi. (yns)