11 Desember, Bawaslu Tertibkan APK Caleg

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), melakukan rapat kordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pol PP dan Dishub Setempat, kemarin. Rapat kordinasi ini dalam rangka keberadaan dan persiapan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang tidak pada tempatnya.

Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya menjelaskan sesuai hasil rapat pihaknya bersama Pol PP dan pihak terlibat lainya sepakat untuk melakukan penertiban pada Selasa 11 Desember 2018.

APK yang akan ditertibkan nantinya kata Dewantara, antara lain yang terpasang di fasilitas umum. Hal ini dikarenakan fasilitas umum tidak diperbolehkan untuk memasang APK.

“Misalnya di jembatan dan di pohon-pohon, ditempat ibadah dan fasilitas umum lainya, termasuk tempat pendidikan juga tidak boleh,” jelas Dewantara.

Sebelumnya kata Dewantara pihaknya sudah melakukan, pengirimkan surat peringatan kepada pihak partai politik. Bahkan himbauan juga sudah disampaikan.

“Banyak yang kita temukan APK di sembarang tempat. Untuk APK yang dipasang di rumah warga tidak apa sepanjang mendapat izin dari pemilik rumah,” ucapnya sembari menjelaskan spanduk atau APK yang dipasang juga harus sesuai dengan desain yang ada di KPU OKU.

Sementara Ketua KPU OKU, Naning Wijaya melalui Anggota KPU Devisi SDM dan Parmas, Yudi Risandi mengatakan, pihaknya akan menyerahkan APK yang difasilitasi KPU kepada pihak Parpol Peserta Pemilu dan Tim Kampanye Paslon.

“APK yang difasilitasi oleh KPU sudah bisa diambil ke kantor oleh Parpol peserta Pemilu dan tim pasangan calon mulai hari ini,” kata Yudi. (ags)