11 Juni, PPBI Lahat Gelar Pameran Bonsai Tingkat Nasional

0
Pada 11 Juni 2022 mendatang, Perhimpunan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Lahat akan menggelar pameran bonsai tingkat nasional, Selasa (7/6). Foto: Retno

LAHAT – Kabar gembira menghampiri seluruh masyarakat Kabupaten Lahat, khususnya para pecinta tanaman hias bonsai kelapa. Pasalnya pada 11 Juni 2022 mendatang, Perhimpunan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Lahat akan menggelar pameran bonsai tingkat nasional.

Selain bertujuan untuk memulihkan perekonomian masyarakat, even ini juga diyakini mampu mengenalkan destinasi wisata yang ada di Bumi Seganti Setungguan.

Ketua PPBI Lahat, Ganda Taruna  mengatakan, registrasi peserta mengikuti pameran bonsai tingkat nasional akan dimulai pada 5-10 Juni 2022. Sedangkan untuk pembukaan akan dimulai 11-17 Juni 2022.

Para peserta akan menampilkan tanaman bonsai yang dimiliki sesuai dengan empat kelas yang dikonteskan yakni Ferfeck, Pratama, Madya dan Utama.

“Kegiatan ini digelar tingkat nasional karenanya seluruh panitia akan berusaha seoptimal mungkin agar kegiatan berlangsung sukses sesuai harapan, mengingat banyak dampak positif yang akan didapat dari even ini,” ujar Ganda didampingi Sekretaris PPBI Lahat Jhoni Walker dan Eenk Muda, Selasa (7/6).

Saat ini sudah ada 12 perwakilan provinsi di Indonesia yang telah melakukan konfirmasi ke PPBI Kabupaten Lahat.

Dia memproyeksi kuantitas peserta akan terus bertambah seiring tingginya animo masyarakat yang ingin menyaksikan kontes bonsai tingkat nasional.

“Untuk kegiatan yang digelar sesuai dengan aturan prokes Covid-19. Bahkan panitia juga telah berkoordinasi dengan Dinkes maupun Gugas dan alhamdulilah didukung penuh, mengingat salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan gairah perekonomian masyarakat pasca corona yang melanda,” imbuhnya.

Untuk penilaian pemenang sepenuhnya diserahkan kepada para penikmat bonsai, khususnya juri yang ditunjuk. Pihak panitia tidak akan ikut campur atau intervensi dalam menentukan pemenang.

“Kegiatan ini juga akan mengenalkan destinasi wisata alam daerah. Para peserta dari dalam dan luar provinsi Sumsel nantinya akan diajak berkeliling ke objek wisata Bukit Besak, Megalit, Air Terjun serta outbound,” jelasnya. (rws)