16 Parpol di OKU Sudah Serahkan Berkas Kelengkapan Bacaleg Tepat Waktu

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) – Pihak Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sudah menerima kelengkapan hasil perbaikan berkas pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) hasil perbaikan yang diserahkan oleh pihak Partai Politik (Parpol) di OKU. 16 Parpol semua sudah menyerahkan berkas tepat waktu sesuai yang tentukan.

Ketua KPU OKU, Naning Wijaya didampingi anggota Devisi Logistik Imaduddin, menjelaskan, semua parpol sudah menyerahkan berkas perbaikan. Proses pelengkapan berkas oleh parpol ke KPU baru selesai mereka terima sepenuhnya di bawah pukul 12 malam.

“Semua sudah menyerahkan berkas. Saat ini kita mulai melakukan penelitian berkas perbaikan. Setelah ini tidak ada lagi waktu perbaikan, jika berkas Bacaleg yang tidak lengkap atau tidak memenuhi syarat akan dicoret,” kata Naning, saat dibincangi di kantornya, Rabu (1/8).

Disamping itu saat disinggung mengenai jika dalam satu dapil nantinya ada satu orang bacaleg perempuan di salah satu partai yang tidak memenuhi syarat dan menyebabkan tidak terpenuhi 30 persen keterwakilan perempuan apakah berdampak dengan Bacaleg yang menenuhi syarat lainya dalam dapil tersebut? Naning menegaskan akan berengaruh dengan bacaleg lain.

Bahkan seandainya ada, jika karena hal itu menyebabkan tidak memenuhi syarat 30 persen kerterwakilan perempuan, maka satu dapil partai yang bersangkutan akan dicoret.

“Tidak ada lagi waktu perbaikan. Setelah penelitian ini kami KPU akan mengumumkan hasil Daftar Calon Sementara (DCS) pada 12 Agustus 2018,” jelasnya.

Naning menjelaskan ada beberapa hal yang menyebabkan Bacaleg dinyatakan tidak memenuhi syarat atau dicoret dari daftar. Antara lain kurangnya berkas persyaratan yang ditetapkan. Misalnya kekurangan surat keterangan kesehatan dan lain sebagainya. Meninggal dunia bahkan terbuktinya laporan dari masyarkat juga bisa menyebabkan bacaleg yang didaftarkan dicoret. (ags)