19 Club U-20 Perebutkan Piala Gubernur Sumsel

0

KAYUAGUNG- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru membuka kompetisi turnamen sepakbola U-20 piala Gubernur Sumsel Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) di Stadion Bende Seguguk Kayuagung, Jum’at (28/6).

Gubernur Sumsel meyakini melalui ajang ini akan tercipta bibit pesepakbola terbaik yang nantinya akan mengharumkan nama Kabupaten OKI.

“Kebanggaan saya dengan persepakbolaan di OKI ini. Saya yakin semua sudah mempersiapkan diri untuk menjadi yang terbaik, dan bersaing dengan peserta terbaik dari kabupaten lainnya,” ucap Deru.

Menurut Deru, tidak ada upaya lain dari olahraga sepakbola adalah prestasi Pemprov yang dididukung Pemkab melalui turnamen yang diikuti 19 club U-20.

Dukungan terhadap perkembangan sepakbola sendiri, Deru merencanakan akan membangun Stadion Bende Seguguk di Desa Riding Pangkalan Lampam pada tahun 2020 mendatang.

“Melalui dana Coorporate Social Responcibility (CSR) bantuan PT Bukit Asam, karena adanya pembangunan rel kereta api dari Rambutan ke Pedu dengan dana sebesar Rp20 miliar,” terangnya.

Tidak hanya sepakbola, Herman Deru juga berharap cabang olahraga lainnya juga dapat berkembang hingga mendunia.

“Cabang olahraga lainnya juga harus didukung, dan jangan diabaikan. Semua cabang olahraga harus maju di Sumsel bahkan bisa berlaga hingga tingkat dunia. Bahkan saya berharap, nanti ada pemain dari salah satu kecamatan di OKI yang menjadi atlet dunia,” harap Deru.

Sementara itu, Bupati OKI, H Iskandar SE menambahkan meski gubernur lelah dari berbagai kabupaten, tapi tetap menyempatkan diri berkunjung ke Kabupaten OKI guna membuka turnamen sepakbola U-20 Piala Gubernur Sumsel 2019.

Menurut Iskandar, selama ini club sepakbola di OKI sudah berpengalaman dalam berbagai turnamen hingga tingkat nasional.

“Jadi tidak bisa diragukan lagi. Tinggal lagi bagaimana kedepan untuk terus bisa mengasah kemampuan. Siapa menang nanti, silakan temui Bupati untuk memperoleh bonus bagi para juara,” terangnya.

Ketua Penyelenggara Turnamen Hendri Zainuddin menyatakan keinginan Gubernur dalam menjalankan Instruksi Presiden sebagai percepatan pembangunan sepakbola di Sumsel.

“Final turnamen U-20 ini akan digelar 20 Juli mendatang di Stadion Jakabaring. Dengan dukungan berbagai pihak, setiap tahun turnamen ini akan terus digelar,” ujarnya.

Dia menambahkan, keseriusan pengembangan sepakbola ini, pihaknya tengah merumuskan pola bagi Akademi sepakbola di Bumi Sriwijaya.

“Polanya lagi dirumuskan, ditata, baik pemain PON ataupun SFC, yang paling terpenting dari kegiatan ini ada tujuan positifnya,” kata Hendri. (feb/gan)