20.000 KK Dapat Uang Susulan BST APBD

0

BATURAJA – Akhirnya Bantuan Sosial Tunai (BST) dana APBD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) untuk Juni dan Juli 2020 mulai disalurkan Pemkab OKU melalui Dinas Sosial yang menunjuk bank daerah setempat.

Diketahui BST itu mengganti bantuan sembako yang sempat viral lantaran ada temuan beras tidak layak konsumsi.

Dinas Sosial OKU menjelaskan sebanyak 20.000 Kepala Keluarga (KK) di daerah tersebut mendapat bantuan uang susulan BST yang dananya berasal dari APBD OKU tahun 2020.

“Ya, tepatnya awal September kemarin sudah mulai dicairkan. Kita target awal Oktober selesai ini untuk bantuan bulan Juni dan Juli pengganti bantuan sembako kemarin,”jelas Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin Dinas Sosial OKU, Holid, Selasa (29/09).

Uang yang dikucurkan kata Holid untuk bantuan dua bulan tersebut mencapai Rp8 milyar dari total Rp12 milyar. “Rp4 milyar sudah dibagikan dalam bentuk sembako sebelum akhirnya kita ganti bantuan uang tunai ini,” ucap Holid.

Lebih jauh kata Holid, untuk yang mendapat bantuan diprioritaskan terdampak Covid-19 dan belum mendapat bantuan lain.

Pantauan dilapangan, warga yang mendapat bantuan berbondong-bondong menuju bank daerah yang ditunjuk. Namun, sayangnya warga yang mendapat bantuan tidak memperhatikan protokol kesehatan. (kie)