2019, Hajat Besar Menanti Dinas PMPD

0
Kepala Dinas PMPD OKU Selatan, Juproni S.Pd.I
Kepala Dinas PMPD OKU Selatan, Juproni S.Pd.I

MUARADUA (fokus-sumsel.com) – Ditahun 2019 ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) memiliki hajat besar.

Apa itu ? Apalagi kalau bukan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Secara serentak yang akan di ikuti sebanyak 97 Desa se kabupaten OKU Selatan.

Kepala Dinas PMPD Kabupaten OKU Selatan, Juproni, S.Pd.I di dampingi Kepala Bidang (Kabid) Penataan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa, Iqbal menyebutkan pelaksanaan hajat besar berupa Pilkades yang rencananya di selenggarakan sekitar bulan Agustus ini lantaran para Kepala Desa tersebut habis atau berakhir masa jabatannya.

“Ada sebanyak 64 jabatan Kepala Desa yang berakhir masa jabatannya sejak tahun 2018-2019 ini. Selain itu ada juga 33 Kepala Desa yang masa jabatannya akan berakhir pada tahun 2019-2020,” jelasnya kepada fokus sumsel Jum’at (18/1).

Dengan demikian, terangnya kemungkinan besar Dinas PMPD tahun 2019 ini akan menggelar Pilkades dari  97 desa yang ada tersebut.

“Yang pastinya itu 64 desa. Untuk 33 Desa lainnya yang jabatan  Kepala Desanya baru akan berakhir antara 2019-2020 kemungkinan juga akan ikut mengadakan Pilkades secara serentak tahun ini juga. Jadi total untuk jumlah desa yang akan menggelar Pilkades serentak tahun ini sebanyak 97 desa,” tutur Iqbal.

Sementara itu untuk persiapan pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten OKU Selatan tahun 2019 ini sendiri, Juproni mengaku pihaknya sedang terus melakukan berbagai persiapan, termasuk soal ketersediaan anggarannya, sebab tahun 2019 sesuai ketentuan yang ada Pilkades bagi Desa-desa tersebut harus di segerakan tahun ini juga.

Meski baru menjabat sebagai Kadin di Dinas PMPD, Juproni mengaku siap dan akan berupaya maksimal untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak 2019 tersebut. (den)