24 Desa di Banyuasin Masih Gelap Gulita

PANGKALAN BALAI (fokus-sumsel.com) — Sejak beberapa tahun terakhir ini, hingga kini di Kabupaten Banyuasin belum mendapatkan bantuan listrik masuk desa (Lisdes) atau kurang diperhatikan oleh pemerintah pusat. Terbukti ada 24 desa di daerah itu masih belum menikmati penerangan.

“Ya, sampai saat ini Banyuasin belum dapat bantuan Listrik Desa (Lisdes) lagi,”ujar Erwin Ibrahim Kepala Dinas Kominfo Banyuasin, saat dihubungi wartawan.

Ke-24 Desa yang gelap gulita itu adalah Desa Sungai Betet (Muara Padang), Tanjung Kalang, Pulau Parang (Rambutan), Air Kumbang Bakti, Panca Desa (Air Kumbang), Sukajaya, Panca Mulya, Suka Karya (Tungkal Ilir), Sri Agung, Tanah Pilih, serta Sumber Rejeki.

Kemudian Desa Mekar Sari, Sungsang II, Perajen Jaya (Banyuasin II), Kuala Sugihan, Sumber Mulyo, Juru Taro (Muara Sugihan), Mukut, Ringin Harjo, Purwodadi, Karang Manunggal, Penuguan (Pulau Rimau), Lebung (Rantau Bayur) dan Sungai Ringit (Talang Kelapa).

Pemkab sudah mengusulkan ke pihak Kementerian Energi dan SDM, hal ini sudah dirapatkan dengan PLN yang dipimpin oleh Asisten 2 Setda Banyuasin.

“Kita upayakan kemarin ke Kementerian Energi dam SDM untuk mendapatkan listrik tenaga surya khusus penerangan jalan, tapi belum terealisasi,”terangnya.

Mestinya tugas dan fungsi listrik masuk desa itu tugas PLN. “Kami hanya pendampingan untuk pemasangan jaringan,”tegas Erwin.

Terpisah, anggota Komisi III DPRD Banyuasin Muhamad meminta kepada Pemkab Banyuasin agar inten dalam berkoordinasi dengan pemerintah pusat supaya bantuan lisdes untuk desa yang belum teraliri listrik terpenuhi.

“Kita prihatin dengan kondisi masyarakat tersebut, sebagian masih ada yang belum mendapatkan penerangan. Padahal mereka seharusnya sudah menikmati listrik,”kata Muhamad.

Akibat tidak ada penerangan itu, perputaran ekonomi di masyarakat jadi lambat bahkan mirisnya lagi, anak-anak sekolah tidak bisa belajar pada malam hari. “Kita dorong Pemkab Banyuasin agar semua desa teraliri listrik,”pungkasnya. (sub)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •