Home / Sumsel / OKU / 27 Wargabinaan Rutan Baturaja Dilakukan Tes Urine Mendadak

27 Wargabinaan Rutan Baturaja Dilakukan Tes Urine Mendadak

Hits: 82

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Sebanyak 27 orang warga binaan Rutan Baturaja, Kabupaten OKU yang hendak usul pembebasan bersyarat dites urine secara mendadak oleh pihak Rutan setempat, Rabu (14/2).

Tes urine ini sendiri dijalankan guna menjalankan program kementrian baik itu untuk petugas dan warga binaan. “Tes Urine WBP Rutan Baturaja untuk usulan pembebasan bersyarat,” ucap Kepala Rutan Baturaja, Herdianto Amd IP SH MSi.

Herdianto mengungkapkan, dari 27 yang dites urine yakni pembasan bersyarat (PB) sebanyak 16 orang terdiri dari kasus narkoba 3 orang dan kriminal 13 orang.

Sementara cuti bersyarat (CB) 11 orang terdiri dari narkoba 5 orang dan kriminal 6 orang. “Dari jumlah wargabinaan 27 orang hasil tes urine negatif semua, jadi bisa diusulkan,” jelasnya.

Namun bila seandainya ada WBP yang hasil tes urinenya positif tentu akan mendapat sangsi berat. “Tidak diusulkan pembebasan bersyarat, remisi cuti bersyarat dan lainnya,” tegasnya.

Lebih jauh ungkap Herdianto, rumah tahanan yang ia pimpin sangat mendukung program kementrian ini. Jauh sebelum ini diterapkan pihaknya telah mengantisipasi peredaran narkoba di dalam rutan. Salah satunya memeriksa secara ketat yang ingin membesuk ke dalam Rutan Baturaja serta pemeriksaan rutin terhadap pegawai.

Selain itu juga dirinya menekankan pada bawahanya untuk mengharamkan pungutan liar (pungli) apapun bentuknya di lingkungan lapas.

“Mengapa rutin kita lakukan tes urine sebab kita tidak punya alat dan juga kita tetap mengedepankan SOP. Termasuk bungkusan nasi juga kita periksa. Untuk pengunjung wanita juga diperiksa ipeh putugas wanita secara baik,” pungkasnya. (bud)

About Erik Agustino

Baca Juga

Dinas Pariwisata Ngaku Tak Ada Terobosan Untuk Tarik Wisatawan

Hits: 204 BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Menjelang Libur panjang Lebaran 1439 H, Dinas Pariwisata Kabupaten Ogan …