55 SMA Gelar Ujian Nasional Serentak

BANYUASIN (fokus-sumsel.com) — Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Menengah Atas (MKKSMA) Kabupaten Banyuasin, Ridwan Nawawi SAg MSi mengatakan, Senin (1/4) lalu, ada 55 SMA/MA menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) serentak. Pelaksanaan UN tahun pembelajaran 2018/2019 terdiri dari dua sistem, yakni sistem berbasis komputer (UNBK) dan berbasis kertas pensil (UNKP).

“Tahun ini belum semua SMA melaksanakan UN berbasis komputer dikarenakan masih ada 6 sekolah yang masih memakai kertas pensil dan soal untuk Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) sudah dibagikan kesatuan pendidkan di masing-masing SMA ke siswa,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, di Banyuasin sekolah yang menggelar UNBK sebanyak 49 SMA dengan jumlah peserta sebanyak 4.659 siswa, sedangkan 6 SMA masih menyelenggarakan UNKP dengan jumlah siswanya sebanyak 298 orang.

“Maunya kita 100 persen SMA penyelanggara UNBK, tapi banyak faktor penyebabnya, sehingga baru sekolah yang berada di wilayah daratan dan SMA yang bisa dijangkau internet. Sebenarnya, kalau hanya sarana bisa kerjasama dengan sekolah lain, karena ada beberapa sekolah yang mesih meminjam komputer dengan sekolah lain,” ujar dia.

“Kalau memang jaringan sudah tidak ada, termasuk sarana tidak mendukung, terpaksa sekolah bersangkutan melaksanakan UNPK. Diharapkan tahun depan bisa mencapai 100 persen. Saya berharap tahun depan semua SMA sudah siap 100 persen sebagai penyelenggara UNBK dan mengapresiasi terjadinya peningkatan jumlah penyelenggara UNBK tahun 2019 ini akan memotivasi bagi satuan pendidikan SMA lainnya,” ungkapnya.

“Penyelenggaran UNBK diharapkan nantinya tidak ada gangguan dikarenakan sudah berkordinasi dengan PLN, namun bila terjadi pemadaman pihak sekolah sudah menyediakan geset sebagai cadangan,” jelasnya. (Dikominfo/PKP)

Spread the love