9 Kilogram Sabu Dari Luar Negeri Gagal Masuk Ke Palembang

0

PALEMBANG – Sebanyak sembilan kilogram narkoba jenis sabu berhasil diamankan jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Selatan (Sumsel). Barang haram tersebut diamankan petugas dari empat tersangka di dua tempat berbeda.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumsel, Kombes Pol Farman mengatakan, sembilan kilogram barang bukti sabu didapatkan dari tersangka Dimas (22) dan Richo Gusdin (38) serta Amril (42) dan Muhis (50).

Pertama pihaknya mengamankan dua tersangka Dimas dan Richo. Warga Kabupaten Ogan Ilir itu dibekuk saat berada di Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Barang bukti yang diamankan seberat satu kilogram sabu yang disimpan di sasis mobil pada 21 Juni 2019.

Dihari yang sama, kepolisian juga menangkap Amril (42), warga Aceh Utara dan Muhis (50), warga Banyuasin. Keduanya dibekuk di Jalan Ki Marogan, Kecamatan Kertapati, Palembang dengan barang bukti empat kilogram sabu.

“Pada hari yang sama itu kita mendapatkan lima kilogram sabu di tempat berbeda. Kemudian untuk di TKP di Palembang kita kembangkan lagi dan pada 22 Juni kita kembali mendapatkan empat kilogram sabu dengan tersangka yang sama,” ungkap Farman, saat ungkap kasus di Mapolda Sumsel, Senin (1/7).

Menurut Farman, barang haram tersebut diduga dari luar negeri yang masuk ke Palembang lewat Lhokseumawe, Aceh. “Yang jelas, narkoba ini asalnya dari luar negeri cuma masuk lewat Lhokseumawe, dari sana masuklah dibawa kesini. Ini dua jaringan yang berbeda,” kata Farman.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli menambahkan, jika pihaknya tidak akan pernah membiarkan narkoba masuk ke wilayah hukumnya.

“Polda Sumsel tidak pernah memberi peluang kepada pengedar narkoba baik itu sabu, ganja dan ekstasi. Kita berterimakasih kepada teman-teman wartawan dan masyarakat yang telah ikut andil dalam pemberantasan narkoba,” tuturnya.

Atas perbuatannya, keempat tersangka disangkakan pasal 114 ayat 2 Jo pasal 132 ayat 1, Subsider pasal 112 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 Undang-undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan merampas sabu 9 kilogram, diperkirakan berhasil menyelamatkan 54.000 anak bangsa. (yns)