Akses Penghubung Antar Desa di OKI Rusak Parah

0

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com)– Kondisi jalan penghubung dua desa, yakni antara Desa Suka Mulya dan Desa Benawa, Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten OKI saat ini rusak parah.

Kerusakan diperkirakan terjadi karena erosi tanah yang terkikis oleh derasnya arus sungai disaat air sungai pasang sehingga aspal jalan yang berada di tepian Sungai Lomering tepatnya di Desa Suka Mulya ini runtuh dan hampir seperempat bahu jalan terkikis terbawa arus sungai.

Kepala Sesa Suka Mulya, Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten OKI, Tarzan saat menuturkan, runtuhnya jalan penghubung dua desa ini dikarenakan terkikisnya tanah penopang jalan secara terus menerus oleh derasnya arus sungai sehingga aspal jalanpun runtuh dan terbawa arus sungai.

“Sementara jalan ini adalah satu-satunya akses penghubung di dua desa, bahkan desa lainnya yang jauh diluar desa, seperti yang kita ketahui bersama bahwa  insprastruktur jalan ialah pokok dari kemajuan di segala aspek baik kota maupun desa,” jelasnya Minggu (7/10).

Terlihat reruntuhan tanah dan aspal jalan yang runtuh ke dasar sungai sungai menyababkan jalan semakin curam dan tentunya dapat membahayakan pengguna jalan.

Sementara Kades Benawa, Munadi saat disambangi di kediamannya terkait kondisi ini menambahkan bahwa kerusakan jalan memang disebabkan terkikisnya tanah tepian sungai karena di sepanjang bantaran sungai belum dibangunnya garis dam atau penahan arus sungai, ditambah lagi lokasinya tepat pada tikungan sungai.

“Warga setempat terutama pengguna jalanpun sedikit takut saat melintas dilokasi tersebut jikalau saja terjatuh, apalagi saat melintas diwaktu malam hari,” jelasnya Munadi.

“Kita berharap agar instansi terkait dapat segera melakukan tindakan serta solusi agar dilokasi ini khususnya dibangun garis Dam, jikapun tidak harus sepanjang sungai dan segera dilakukan perbaikan jalan sebelum jalan ini putus karena terkikis sungai,” tegasnya.(febri)