Alhamdulilah, OKU Kini Keluar Dari Zona Merah

0
Humas Satgas Covid-19, Feri Iswan dan Jubir Satgas, Rozali, saat memberikan keterangan dihadapan wartawan terkait perkembangan jumlah pasien corona di OKU.

BATURAJA – Alhamdulilah atas semua rahmad yang dilimpahkan Allah SWT kepada warga Kabupaten OKU. Pasalnya, saat ini daerah berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang itu terhitung sejak Senin (15/06), telah dinyatakan keluar dari Zona Merah. Bahkan jika satu lagi pasien corona di daerah itu dinyatakan sembuh, maka kabupaten yang dipimpin H Kuryana Azis dan Johan Anuar tersebut akan masuk ke zona hijau.

Juru Bicara Satgas Covid-19 OKU, Rozali SKM, didampingi Humas Satgas, Feri Iswan, saat jumpa pers di gedung SKB Baturaja, Selasa (16/06), menjelaskan, terhitung sejak Senin sore pihaknya sudah diberi tahu oleh BPLK Sumsel bahwa ada sembilan orang lagi pasien positif covid-19 di OKU yang sembuh, sehingga secara keseluruhan dari 40 pasien, ada 39 orang dinyatakan sembuh. Sementara satu orang lagi masih menunggu hasil sweb terakhir.

Rozali menjelaskan, pasien terakhir dengan inisial K beralamat di Unit XIII, Kecamatan Sinar Peninjauan saat ini masih menjalani perawatan di RS Antonio Baturaja. “Dia (K) sudah disweb sebanyak dua kali dan hasilnya negatif. Mudah-mudahan sweb ketiganya nanti juga negatif. Untuk hasilnya sendiri baru akan diketahui 2-3 hari lagi,” tegasnya.

Jika K juga dinyatakan sembuh lanjut Rozali, secara otomatis Kabupaten OKU akan kembali ke zona hijau atau nihil pasien corona. Namun meskipun demikian, warga tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, pakai masker saat keluar rumah, serta jaga jarak.

“Jangan gara-gara kita nanti sudah zona hijau, protokol kesehatan dilanggar. Mari kita bersama menjaga daerah kita agar terhindar dari pandemi covid-19. Ingat kita semua tidak boleh lengah. Corona ini bukan penyakit main-main,” tegasnya.

Sementara untuk sembilan pasien yang baru dinyatakan sembuh diharapkan untuk tetap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. “Mereka semua mulai hari ini sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing. Alhamdulilah, kami selaku tim satgas covid-19 OKU merasa gembira sekali mendapatkan kabar baik ini,” kata pria yang sehari-harinya menjabat sebagai Sekretaris Dinkes OKU itu.

Rozali menegaskan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pasien positif corona di OKU yang sudah disiplin dan mematuhi semua bimbingan yang diberikan oleh Tim Satgas Covid-19 OKU, sehingga dalam sebulan terakhir mereka banyak yang sembuh.

“Sekarang kita tinggal menjaga bersama agar tidak ada lagi warga di daerah kita yang terkena covid-19. Caranya bagaimana? Ya itu tadi mari kita disiplin dan menjaga protokol kesehatan,” tegasnya. (kie)