Askolani minta Prioritas 7 Program Pokok Banyuasin Bangkit di Musrenbang RKPD

0

BANYUASIN (fokus-sumsel.com) — Bupati Banyuasin, H Askolani didampingi Wakil Bupati H Slamet Somosentono SH membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Banyuasin tahun 2020.

Askolani menyampaikan pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2020 guna memperkuat Visi dan Misi Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera. Acara yang itu sendiri diselenggarakan di Graha Sedulang Setudung dengan ditandai pemukulan gong, Kamis (27/3).

Untuk menyusun RKPD tersebut, Pemkab Banyuasin melakukan kerjasama dengan Tiga Perguruan Tinggi di Palembang yakni Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Bina Darma dan Universitas IBA.

Askolani mengatakan terdapat 7 program prioritas yakni Infarstruktur Bagus, Banyuasin Prima, Banyuasin Cerdas, Banyuasin Sehat, Petani Bangkit, Pemerintah Terbuka dan Banyuasin Religius.

“Kita minta OPD lebih fokus dengan RPJMD yang telah disusun dalam lima tahun kedepan. Saya minta jangan sampai melenceng dari 7 Program tersebut. Kita harus bersinergi dan tahun pertama sudah kelihatan program yang direncanakan sudah berjalan,” katanya.

Untuk mendukung ke-7 program prioritas tersebut dibutuhkan kontribusi dari pihak lain seperti perusahaan dan investor. Oleh karena itu, pihaknya mengajak para pengusaha dan perusahaan agar bersama-sama membangun Banyuasin tanpa mereka program pemerintah tidak akan tercapai.

“Kita akan berkomitmen dan istiqomah dalam membangun banyuasin sesuai dengan Visi dan Misi Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera. Insyaalllah, saya yakin Banyuasin bisa menjadi Kabupaten terdepan di Provinsi Sumsel,” tegasnya.

Sementara Ketua DPRD Banyuasin, Irian Setiawan berharap Musrenbang RKPD yang digelar setiap tahun ini harus menjadi evaluasi pemerintah daerah untuk kearah perbaikan dan kemajuan yang harus dicapai kedepan.

“Karena pemerintah daerah untuk mengerjakan program kerja yang telah disusun, perlu kerja keras yang konsisten dan sinergi sehingga potensi daerah dapat dikelola, dan diharapkan pembangunan yang terarah,” katanya.

Sementara itu Kepala Bappeda dan Litbang Banyuasin, Zulkifli Idrus menyampaikan tujuan diselenggarakan Musrenbang RKPD tahun 2020 merupakan kelanjutan dari Musrenbang Tingkat Desa, Kecamatan dan Forum penyampaian Pokok-Pokok Pikiran DPRD, forum konsultasi publik dan forum gabungan OPD.

“Ini dimaksudkan agar adanya pemahaman yang utuh dan kesamaan persepsi oleh seluruh pihak terhadap substansi RKPD tahun 2020 sesuai target capaian kinerja yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Banyuasin 2018-2023. Sehingga menjadi pedoman tujuan penyelenggaraan pembangunan yang efektif, efisien dan akuntabel,” tandasnya. (Diskominfo/PKP)