Awaludin Ditemukan Tewas Gantung Diri

0
Jenazah korban saat divisum oleh dokter dari puskesmas terdekat.

BATURAJA – Warga Simpang PO Desa Bhamti Unit XI, Kecamatan Sinar Peninjauan, Kabupaten OKU, Kamis (12/11) sekitar pukul 14.00 WIB mendadak heboh. Pasalnya, warga sekitar bernama Awaludin (40) ditemukan tewas gantung diri di rumahnya.

“Ya, korban ditemukan oleh istrinya Siti Mualifah (38) sudah tidak bernyawa di dalam kamar mandi dengan posisi tengkurap di lantai dengan tali tambang masih di leher,” kata Kapores OKU, AKBP Arif Hidayat Ritonga melalui Kasubag Humas, AKP Mardi Nursal, Jumat (13/11).

Menurut Kasubag, korban memang dikenal memiliki gangguan jiwa dan saat kejadian posisi ditinggal sendirian di rumah. Sementara istrinya pergi nyadap karet di kebun.

Kemudian sekitar pukul 14.00 WIB, istri korban pulang ke rumah, namun tidak bisa masuk ke dalam rumahnya karena pintu depan dikunci dari dalam. “Lalu saksi lewat pintu samping dan terkejut saat melihat suaminya sudah tak bernyawa lagi,” katanya.

Selanjutnya saksi langsung menjerit minta tolong sehingga tetangga di sekitar rumahnya sontak berhamburan menuju lokasi kejadian. “Lalu kepala desa setempat langsung menghubungi kita,” tegas Kasubag.

Guna kepentingan penyelidikan lanjut Kasubag, jenazah korban langsung dibawa ke puskesmas terdekat dan dari hasil visum korban meninggal dunia karena gantung diri.

“Pihak keluarga kemudian menolak untuk mengatopsi mayat korban sehingga jasad Awaludin langsung dibawah pulang untuk dimandikan dan dimakamkan,” tegasnya.

Berdasarkan keterangan keluarga dan tetangga diketahui bahwa korban ada riwayat gangguan jiwa dan saat ini dalam tahap pengobatan jalan.

“Kemungkinan faktor kejiwaan serta faktor penyakit yang belum bisa disembuhkan, sehingga korban nekat gantung diri agar tidak menjadi beban keluaganya lagi,” tandas Kasubag. (kie)