Banyak Potensi Desa yang Belum Tergali

0

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com) – Saat ini masih banyak potensi yang ada di desa terutama di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang belum tergarap secara maksimal, hal ini disebabkan oleh masih cukup banyak kepala desa yang ragu-ragu dalam melaksanakan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dan masih minimnya pengetahuan tentang hukum.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri OKI Ari Bintang Prakoso Sejati SH MH.li dalam acara penerangan hukum dan sosialisasi TP4D di bagi seluruh kepala desa di Kecamatan Pangkalan Lampam, Pampangan, SP Padang dan Jejawi di Aula Kec SP Padang Kab OKI, Selasa (13/11).

“Banyak potensi desa yang dapat dikembangkan atau hal lain yang dapat menambah pandapatan desa, namun para kades tidak tahu,” katanya.

Oleh sebab itu untuk menambah wawasan para kades dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) kata Kejari, pihak kejaksaan menggandeng BRI untuk melakukan pendampingan dan bimbingan terkait pengembangan ekonomi masyarakat desa dan optimalisasi. “Jadi bagaimana ekonomi masyarakat desa bisa berkembang lebih optimal, kita juga mengajak pihak bank BRI,” katanya.

Terkait jaminan kesehatan dari negara dan pemerintah kepada masyarakat, khususnya desa maka masyarakat desa harus tercover dan terjamin untuk ikut program BPJS.

“Pendidikan yang tinggi bagi putra putri seluruh masyarakat desa agar dapat berkontribusi dan berkualitas untuk mengikuti pertumbuhan dan persaingan di masa yang akan datang,” tegasnya.

Oleh sebab itu dirinya berharap sosialisasi ini menjadi sarana informasi bagi para kepala desa bila ada kendala atau yang tidak dimengerti mengenai peraturan yang ada dapat ditanyakan ke tim TP4D.

“Agar para kades tidak ragu-ragu untuk melaksanakan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD). Jika ditemukan kendala, kejaksaan siap untuk bersama-sama memberikan solusi bagi desa, dengan sejak dini memberikan upaya upaya preventif agar potensi-potensi desa dapat dikembangkan bagi seluruh masyarakat desa secara berkelanjutan,” katanya.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) OKI, Hj Nursulah SSos mengharapkan, dengan pengawalan dan pengamanan yang dilakukan oleh tim tersebut, maka diharapkan pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar, khususnya dalam pembangunan desa. (feb)