Bawaslu OKU Kembali Kumpulkan Seluruh Panwascam

0

# Koordinasi Persiapan Pengawasan Tahapan Pemilu 2019

BATURAJA (fokus-sumsel.com) –Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) kembali melakukan pertemuan dengan Anggota Panwaslu Kecamatan se-OKU. Pertemuan dalam rangka Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Tahapan Pada Pemilihan Umum, DPR,  DPRD, DPD, Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 ini dipusatkan di Sekretariat Bawaslu OKU, Senin (3/8).

Ketua Bawaslu Kab OKU, Dewantara Jaya mengabsen satu persatu kehadiran anggota Panwaslu Kecamatan yang hadir dalam kegiatan tersebut. Hasilnya satu anggota tidak hadir, izin karena ada urusan keluarga.

“Rapat koordinasi ini, dalam rangka persiapan melakukan pengawasan dan memaksimalkan kinerja. Dalam kegiatan ini, ditekankan agar jajaran Panwaslu Kecamatan dapat lebih memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi). Ditekankan juga agar merapatkan barisan dalam melaksanakan tugas pengawasan pelaksanaan Legislatif dan Pilpres 2019 mendatang sebaik-baiknya,” katanya.

Devisi Pengawasan Humas dan Hubal, Yeyen Andrizal saat dihubungi Selasa (4/9), menambahkan, dalam kegiatan itu pihaknya menekankan agar jajaran Panwascam dapat lebih memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi).

Ditekankan juga agar seluruh panwascam merapatkan barisan dalam melaksanakan tugas pengawasan pelaksanaan Legislatif dan Pilpres 2019 mendatang sebaik-baiknya.

Sebelumnya disampaikan juga terkait alat kerja pengawasan yang mengacu pada peraturan yang berlaku. Seperti Undang-Undang No 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU No 5 tahun 2017 yang mengatur tahapan pileg dan pilpres.

“Mulai dari Perbawaslu, PKPU dan UU No 7 tahun 2017 ini harus benar-benar dikuasai oleh pengawas. Pengawas pemiluh harus benar-benar mampu meningkatkan kualitas kerja dan memahami tupoksi,” ujar Yeyen sembari menegaskan juga agar Panwaslu Kecamatan menjaga Netralitas dan memastikan Rekap DPT dipasang atau ditempel di desa.

Pantauan dilapangan rapar koordinasi ini dihadiri Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya. Devisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa, Anggi Yumarta. Devisi Pengawasan Humas dan Hubal, Yeyen Andrizal. Kepala Sekretariat Bawaslu OKU, Joenaidi dan Panwaslu Kab OKU. (ags)