Bawaslu OKU Surati Seluruh Parpol Agar Patuhi Aturan Kampanye

0
Yeyen Anrizal
Yeyen Anrizal

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Pihak Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), menyurati setiap partai politik (Parpol) peserta pemilu yang ada di daerah berjuluk bumi sebimbing sekundang. Surat itu, berisikan himbauan agar mematuhi aturan kampanye, pemadangan Alat Peraga Kampanye (APK) pada tempatnya.

“Surat himbauan tersebut kita kirimkan hari ini kepada setiap parpol peserta pemilu yang ada di Kab OKU. Kita harapkan agar himbauan ini dipatuhi,” kata Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya melalui Devisi Pengawasan Hubal dan Humas Yeyen Andrizal saat dihubungi, Selasa (27/11).

Apa yang dilakukan pihak Bawaslu ini kata Yeyen sesuai dengan UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU (PKPU) tentang Kampanye. Yeyen menjelaskan sampai saat ini pihaknya masih mendapati adanya APK yang terpadang tidak pada tempatnya. Misalnya di pohon/batang-batang, tempat ibadah dan beberapa tempat dilarang lainya.

“Melalui surat ini sudah kita himbau agar APK dipadang sesuai aturan. Jika masih ada maka akan kita surati kembali untuk melepas sendiri APK yang dipasang tidak pada tempatnya atau melanggar. Jika masih saja ada maka kita akan mengambil tindakan,” kata Yeyen.

Tindakan yang dimaksud jika masih ada APK yang terpasang tidak pada tempatnya atau melanggar aturan Bawaslu OKU bersama Pol PP akan melakukan penertiban.

“Masih ada kita temukan APK yang ditemukan di pasang di Pohon-pohon. Kita himbau dilepas dengan sendir Jika masih tidak dilepas kita akan kami tertibkan berdama pihak Pol PP,” kata Yeyen. (ags)