Bawaslu Sumsel Monitoring Kesiapan Pilkada serentak 2020

0

PALEMBANG, (fokus-sumsel.com) – Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto melakukan monitoring kesiapan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Ogan Ilir Jum’at (19/6). Ia berkunjung ke sekretariat Bawaslu Ogan Ilir untuk memastikan kesiapan petugas baik dari segi pengawasan maupun penerimaan laporan pelanggaran pilkada serentak tahun 2020.

Tidak hanya itu Ia juga turun langsung melihat kesiapan petugas pengawas tingkat kecamatan di Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir sekaligus melakukan pengecekan terkait dengan pengaktifan kembali petugas pengawas kecamatan dan petugas pengawasan kelurahan/desa. Ini menindaklanjuti edaran Bawaslu pusat terkait pengaktifan kembali petugas pengawas untuk melakukan tugas pengawasan pada pilkada serentak tahun 2020.

Di lokasi yang lain, anggota Bawaslu Sumsel Iwan Ardiansyah melakukan monitoring di wilayah OKU dan OKU Selatan, sedangkan Syamsul Alwi juga melakukan monitoring kesiapan pilkada serentak di wilayah kerja OKU Timur.

“Dengan diaktifkannya kembali petugas pengawas kecamatan dan petugas pengawas kelurahan/desa maka kesiapan pengawasan petugas menjadi fokus utama agar tahapan berjalan sesuai dengan aturan. Selain itu memastikan kesiapan Bawaslu Kabupaten dalam penerimaan laporan dan juga proses penanganannya. Laporan yang masuk harus ditindaklanjuti, baik berupa laporan dugaan pelanggaran kode etik, pidana maupun administratif,” ujar Iin.

Bawaslu dalam fungsinya memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menegakkan keadilan pemilu, setiap peserta dan pemilih harus mendapatkan keadilan dalam proses yang berjalan.

Ketua Bawaslu Sumsel juga menekankan kepada Bawaslu Kabupaten untuk dapat bekerja sama dengan stakeholder dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pemilu, yaitu dengan cara menggalang pengawasan partisipatif agar masyarakat ikut mengawasi terkait isu krusial dan tahapan rawan.

“Contoh pengawasan partisipatif yang dapat dilakukan oleh masyarakat seperti ikut serta menolak politik uang, politisasi SARA, ujaran kebencian, mengawasi netralitas ASN, mengawasi perhitungan dan rekapitulasi dan hal yang kerap dilanggar lainnya,” tuturnya.

Terakhir Iin mengingatkan kepada seluruh jajaran petugas pengawas untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan.

“Yang terpenting dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan, seluruh jajaran petugas pengawas kecamatan maupun kelurahan tetap harus memperhatikan protokol kesehatan karena keselamatan diri adalah prioritas utama dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan,” katanya. (SW)