Home / Politik / Bawaslu Tertibkan Seluruh APK Berbayar Caleg di OKU

Bawaslu Tertibkan Seluruh APK Berbayar Caleg di OKU

BATURAJA (fokus-sumsel.com) – Ratusan personil gabungan dari Bawaslu OKU dibantu dari Polres, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Bapenda, serta Panwascam Baturaja Timur, Senin (11/3), menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) berbayar milik calon legislatif, karena dinilai melanggar aturan.

“Ya, sejak Jumat (8/3) lalu kami sudah memasang stiker pemberitahuan di seluruh APK berbayar yang ada di OKU. Isinya menyatakan bahwa APK itu melanggar dan sesuai aturan hari ini kita tertibkan,” tegas Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya diwakili Komisioner Bawaslu OKU Koordinator Divisi HPP dan Penyelesaian Sengketa, Anggi Yumarta dan Koordinator Sekretariat Bawaslu OKU, Djonaidi.

Sebelum penertiban kata Anggi, pihaknya menggelar apel bersama terlebih dahulu di Sekretariat Bawaslu OKU. “Sesuai rapat koordinasi antara Bawaslu, KPU OKU dan stakeholder bahwa bila ada APK yang melanggar atau dipasang tidak sesuai zona dan tidak ada kontribusi bagi daerah akan dianggap ileg, sehingga harus ditertibkan,” ucap Anggi.

Anggi menjelaskan, penertiban itu sendiri dilakukan oleh dua tim. Tim A yang dipimpin Komisioner Bawaslu OKU Koordinator Divisi HPP dan Penyelesaian Sengketa, Anggi Yumarta dilakukan dari Taman Kota, arah Pasar Atas, masuk Simpang Gudang Garam, Universitas Baturaja dan kembali ke Sekretariat Bawaslu OKU.

Sementara Tim B dipimpin Komisioner Bawaslu OKU Koordinator Divisi Humas, Hubal dan Pengawasan, Yeyen Adrizal, dimulai dari Desa Tanjung Kemala, masuk simpang empat Sukajadi arah lintas Batu Kuning, Pusar, Talang Jawa dan Pasar Atas menuju Sekretariat Bawaslu OKU. “Kami berharap setelah penertiban ini tidak ada lagi caleg yang sembarangan memasang baleho atau spanduknya,” tegas Anggi. (ags)

About Erik Agustino

Baca Juga

Sukseskan Pemilu 2019, KPU OKI Gelar Pentas Seni

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com) — Dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering …