Berharap Generasi Milenial OKUS Lestarikan Budaya

 

Budayawan dan Sastrawan Sumsel, Anwar Putra Bayu.

MUARADUA (fokus-sumsel.com) – Pemerhati serta pelestari adat kebudayaan (Budayawan) Indonesia khususnya di wilayah Sumatera Selatan, Anwar Putra Bayu, kemarin mengunjungi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) dalam rangka ikut menghadiri rapat bersama antara pihak dari Kementerian Pariwisata serta Kebudayaan Pusat dan Pemerintah Daerah OKU Selatan yang diadakan diruang Rapat terbatas Kantor Bupati OKU Selatan.

Rapat ini dilaksanakan guna membahas tentang rencana persiapan penyelenggaraan Festival Danau Ranau (FDR) tahun 2019 di Kabupaten OKU Selatan, yang akan menampilkan berbagai seni kebudayaan yang ada di berbagai Daerah Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten OKU Selatan.

Selain dihadiri langsung oleh Bupati OKU Selatan Popo Ali M.B,Commerce, turut mendamping dalam rapat bersama pihak Kementerian Pariwisata serta Kebudayaan RI ini Kepala Dinas Pariwisata OKU Selatan beserta Kabid, beberapa Para Kepala OPD serta Camat dan Tokoh Kebudayaan di Kabupaten OKU Selatan.

Dibincangi Fokus Sumsel usai acara, Budayawan Sumsel, Anwar Putra Bayu berharap terlaksananya Festival Danau Ranau akan membawa dampak fositif terhadap kemajuan kebudayaan serta adat istiadat yang  ada di Kabupaten OKU Selatan, khususnya terhadap para generasi Milenial yang ada di daerah ini.

Menurut Anwar, Kabupaten OKU Selatan termasuk daerah yang kaya akan nilai nilai adat serta kebudayaan. Berbagai ragam adat serta kebudayaan tersebut harus terus dilestarikan, terutama oleh generasi muda atau Milenial, sehingga tidak sampai pudar tergerus oleh kemajuan zaman sekaligus kemajuan teknologi dewasa ini.

“Festival Danau Ranau ini bukan hanya akan menjadi kebanggaan serta termasuk acara tahunan yang diadakan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, akan tetapi termasuk acara yang akan membawa nama Provinsi Sumatera selatan di mata kancah nasional dan telah menjadi  perhatian oleh Pemerintah Pusat,” tuturnya.

Dirinya berharap adanya Festival Danau Danau bukan hanya berdampak positif bagi Kabupaten OKU Selatan tapi juga bagi provinsi Sumsel, baik di segi kemajuan kebudayaan ataupun dampak positif lainnya. (Den)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •