Beri Bantuan Obat Abate ke Warga

0
Camat bersama Kepala Puskesmas Kecamatan Simpang memberi bantuan obat Abate ke warga desa Simpang Agung

MUARADUA – Jajaran Pegawai Kantor Puskesmas Kecamatan Simpang, Senin (11/2) pagi kemarin tampak membagikan obat pembunuh jentik nyamuk Malaria ke warga yang ada di desa Simpang Agung kecamatan Simpang. Kegiatan ini sendiri dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas kecamatan Simpang, Ali Sodikin SKM.

Didampingi pihak dari kecamatan yakni camat Maharesi Tama, dari pihak Kepolisian serta Koramil kecamatan Simpang, rombongan membagikan bantuan obat abate bagi setiap warga yang ada di desa Simpang, sekaligus menaburkan bubuk abate di saluran air dranase yang ada di desa setempat.

Selain memberikan bantuan obat abate ke warga, rombongan dari pihak Puskesmas juga mendatangi beberapa sekolah di seputaran ibu kota kecamatan Simpang untuk melakukan sosialisasi sekaligus memberikan bantuan serupa yakni obat pembunuh jentik nyamuk ke beberapa sekolah yang dikunjungi.

Kepala Puskesmas kecamatan Simpang, Ali Sodikin SKM menyebutkan pemberian bantuan obat pembunuh jentik nyamuk abate ke warga ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah dalam rangka mencegah perkembangbiakan nyamuk demam berdarah di wilayah kecamatan Simpang, khususnya di desa Simpang Agung.

Menurut Sodikin untuk kasus DBD yang ada di kecamatan Simpang, pada tahun 2019 telah terjadi tiga kasus warga menderita DBD akibat gigitan nyamuk.

“Cara paling efektif membunuh serta mengusir perkembangbiakan DBD oleh warga adalah dengan melakukan tiga M yakni menguras, membuang serta mengubur barang bekas yang bisa menjadi tempat nyamuk bersarang,” katanya.

Sementara itu Camat Simpang, Maharesi Tama membenarkan adanya langkah pembagian bantuan obat abate bagi warga di wilayahnya yang oleh dilakukan pihak Puskesmas dan pihak Kecamatan.

“Tentunya kita akan terus bersinergi dengan pihak Puskesmas kecamatan Simpang guna menanggulangi serta mencegah berkembangnya nyamuk DBD di kecamatan Simpang. Agar jangan sampai mewabah, warga harus tetap melaksanakan 3M dirumah masing masing untuk mengusir nyamuk DBD agar tidak berkembang biak,” pungkasnya. (den)