Berkas Tersangka 5 Komisioner KPU Palembang Dilimpahkan Ke Kejari

0

PALEMBANG — Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polresta Palembang menyerahkan berkas ke 5 tersangka Komisioner KPU Palembang ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang, Rabu (19/6), sekitar pukul 11.30 WIB. Berkas tersebut diserahkan langsung oleh Kanit Tipikor Polresta Palembang Iptu Hamsal bersama anggotanya dan diterima langsung oleh tim Kejari Palembang.

Selanjutnya sesuai dengan UUD Pemilu akam dilakukan tiga hari penyelidikan apakah berkas tersebut lengkap atau dikembalikan.

Ditemui seusai penyerahan berkas, Iptu Hamsal mengatakan, pihaknya telah memberikan berkas tahap 1 kepada tim Kejari Palembang. “Kita hari ini cuma untuk melaksanakan pelimpahan tahap pertama untuk dugaan 5 tersangka komisioner KPU Palembang,” katanya.

Dikatakan Hamsal, untuk kelima berkas dugaan tersangka tersebut dijadikan dalam satu berkas. Dalam berkas tersebut terdapat barang bukti yang diserahkan.

“Untuk barang bukti ada beberapa berkas yang dilimpahkan, yang asli masih dikita untuk nanti dilanjutkan di tahap 2,” katanya.

Pihaknya pun optimis berkas yang telah dilimpahkan akan diterima oleh pihak Kejaksaan Negeri Palembang. “InsyaAllah, sesuai prosedur kita tetap seusai dengan KUHAP,” katanya.

Polresta Palembang menetapkan lima komisioner KPU sebagai tersangka.Kronologi penetapan ini berawal dari adanya temuan Bawaslu Kota Palembang, Dan dilapor ke Polresta Palembang pada 22 Mei 2019, dengan laporan Polisi No.Pol : LPB/1105/V/2019/SUMSEL/RESTA.

5 Komisioner KPU Kota Palembang ditetapkan tersangka oleh Satreskrim Polresta Palembang, pada 11 Juni 2019, lalu. Dengan dugaan telah melakukan perkara tindak pidana pemilu sebagaimana dimaksud dalam primer Pasal 510 subsideir pasal 554 UU No.7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang dilaporkan oleh M Taufik, SE, M.Si (Ketua Bawaslu Kota Palembang). (yns)