Berkat Kamera CCTV, Pelaku Pencurian Toko Musi Elektronik Berhasil Diringkus

0

PALEMBANG (fokus-sumsel.com) — Dua pelaku pencuri di gudang toko Musi Elektronik Palembang yang tertelak di Jalan TP. Rustam Effendi tepatnya di belakang Dika. Berhasil diringkus unit Pidum (Pidana Umum) dan Tekab 134 Polresta Palembang, Minggu (17/3), sekitar pukul 17.30 Wib.

Pelaku Junaidi (38), warga Jalan KH Azhari Lorong Semeru Kelurahan 16 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) II dan rekannya, Mustofa Kamil Alias Topa (28), warga Jalan Sutan Mansyur Lorong Lebak Keranji Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat (IB) I Palembang. Keduanya ditangkap petugas saat berada di rumah masing-masing.

Aksi pencurian Junaidi dan Mustofa berawal dari adanya laporan korban Hendra Wijaya (40), yang melapor ke Polresta Palembang, pada Rabu (13/3) yang melaporkan aksi pencurian tersebut. Saat melancarkan aksinya, kedua tersangka mengambil barang-barang milik korban dengan menggunakan tangga, lalu naik ke lantai 2 dan masuk ke dalam gudang melalui jendela.

Setelah berhasil masuk ke dalam, kedua pelaku menguras barang-barang beharga di gudang toko tersebut. Pada pagi harinya saat korban akan mengambil barang-barang elektronik, ternyata saat masuk gudang, kondisi gudang sudah berantakan dan banyak barang-barang hilang.

Ketika dicek melalui CCTV, terlihat 2 orang pelaku mengambil barang tersebut. Atas kejadian itu, korban kehilangan barang yaitu 10 Unit TV LED LG 43 Inc, 11 Unit TV Merk. Polytron 20 Inc, 16 Unit Magiccom, 1 Unit Dispencer, 3 unit kipas angin, 1 unit AC merk. Panasonic 2 PK, serta 3 buah kompor Gas, total kerugian korban mencapai Rp 73 juta.

“Pelaku ditangkap atas laporan korban, yang melaporkan kasus pencurian 363 di toko tersebut,” ujar Kasat Reskrim Kompol Yon Edi Winara didamping Kanit Pidum Iptu Tohirin, Senin (18/3).

Lanjut Yon, setelah melakukan cek TKP (Tempat kejadian perkara), dan mengambil keterangan saksi-saksi di lokasi. Dan mengarah kepada dua nama pelaku. Dari sana pihaknya langsung melakukan pengejaran. Dan para pelaku berhasil diamankan saat berada di rumahnya masing-masing.

“Barang bukti yang diamankan berupa 1 buat dispenser. Hingga kini pelaku masih dalam pemeriksaan. Pelaku akan dikenakan pasal 363 KUHP, dengan ancaman penjara diatas 7 tahun penjara,” pungkasnya.

Salah satu pelaku, Junaidi mengaku nekat melakukan aksi pencurian tersebut, lantaran tak memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Terpaksa pak aku maling, karena kami kerja serabutan. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ya terpaksa kami mencuri,” tukasnya singkat. (yns)