Bocah SD Tenggelam di Sungai Ogan

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Saat sedang asyik mandi sambil bermain di aliran Sungai Ogan, seorang bocah kelas 6 SD dikabarkan tenggelam pada Sabtu (01/12) sore.

Korban yang diketahui bernama Sera Wulandinata Binti Amri (12) warga Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) itu tenggelam di aliran Sungai Ogan Desa Tanjung Baru sekitar pukul 17.00 Wib, saat sedang asyik mandi bersama tiga orang temannya.

“Salah satu teman korban sudah mengajak korban untuk pulang, namun korban masih mengatakan ingin terjun mandi satu kali lagi,” kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Meilan Purnama, saat dibincangi di sela-sela pencarian korban, Minggu (02/11).

Dikatakan Meilan, saat terjun, tubuh korban diduga terseret arus sungai dan tenggelam. Sementara ketiga teman korban sempat menunggu namun korban tidak juga muncul kepermukaan, kemudian teman korban mengabarkan kepada warga setempat. “Setelah mendapat kabar dari warga kita langsung turunkan tim untuk melakukan pencarian,”ucapnya.

Saat ini Tim BPBD OKU dibantu oleh warga setempat masih terus melakukan pencarian terhadap korban, sedikitnya dikatakan Meilan, pihaknya menerjunkan 23 orang relawan dan 2 unit perahu. “Tim kita bagi, kemungkinan perahu siang ini akan kita tambah satu unit lagi, jadi total perahu yang akan kita turunkan 3 unit,” terangnya.

Diceritakannya, saat ini aliran Sungai Ogan sedang pasang, hal ini dikarenakan beberapa minggu terakhir curah hujan yang terjadi di Bumi Sebimbing Sekundang cukup tinggi. “Semalam kita melakukan pencarian hingga pukul 11 malam, hal ini dikarenakan cuaca dan aliran Sungai Ogan yang sedang pasang, lagi pula sesuai SOP setiap tiga jam kita istirahat untuk menyampaikan perkembangan dan menentukan titik-titik pencarian yang memungkinkan ada tubuh korban,” tuturnya.

Meilan mengingatkan kepada seluruh masyarakat OKU khususnya yang berada di aliran Sungai Ogan, untuk mengawasi dan mendampingi anak-anak jika akan mandi ke sungai, apa lagi saat ini curah hujan cukup tinggi dan aliran Sungai Ogan sedang pasang.

“Kami mengingatkan untuk mengawasi dan memperhatikan, jika ingin mandi di sungai anak-anak sebaiknya didampingi oleh orang tuanya, hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tegasnya. (ags)