Bupati Cik Ujang Panen Raya Ikan Lubuk Larangan

0
Bupati Lahat Cik Ujang, SH., melakukan panen raya ikan Lubuk Larangan (Bekarang), di Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, Senin (25/7). Foto: Retno

LAHAT – Bupati Lahat Cik Ujang, SH., melakukan panen raya ikan Lubuk Larangan (Bekarang), di Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, Senin (25/7).

Turut mendampingi Bupati dalam panen raya ikan Lubuk Larangan (Bekarang) antara lain Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat Chandra SH., MM., Camat Kikim Timur Pohatul Hadi., Kepala Dinas PRKPP Lahat Limra Naufal, Kabag Umum Setda Lahat Suhaida Amin, Kepala BPBD Lahat Drs H Ali Afandi, Kepala Dinas Kominfo Lahat Rudi Darma Setiawan, SE., MM., Kepala Dinas PUPR Lahat Mirza Azhari, ST., MT., Kepala Bappeda Lahat Feri Yansyah Eka Putra ST., MM., dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengajak masyarakat untuk dapat melestarikan perairan umum agar gerakan Sumsel Mandiri Pangan dan visi Kabupaten Lahat yaitu Swasembada Ikan bisa tercapai di tahun ini dan berkelanjutan di tahun berikutnya.

”Saya instruksikan kepada seluruh kepala desa (kades) untuk membuat papan larangan menangkap ikan dengan menggunakan bahan kimia dan alat berbahaya lainnya. Tujuannya agar sumber daya ikan tetap terjaga dan berkelanjutan,” kata Bupati Lahat Cik Ujang, SH.

Hal ini tentunya butuh kerjasama dari masyarakat dan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Lubuk Larangan agar tujuan tersebut bisa tercapai. “Semoga dengan usaha bersama ini, perairan sungai tetap terjaga dan hasil Lubuk Larangan melimpah,” terang Bupati.

Pada Kesempatan itu pula, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat memberikan bantuan alat tangkap ramah lingkungan berupa bubu, jala, dan kacamata selam yang dipergunakan pada saat panen raya hari ini.

Bantuan alat ramah lingkungan ini diperuntukkan bagi Pokmaswas Karya Besame. ”Semoga dengan semakin banyaknya alat tangkap ramah lingkungan yang digunakan, maka akan semakin terjaga dan produksi ikan ikan melimpah,” jelas Bupati. (rws)