Bupati Lahat Jadi Irup Apel Siaga Karhutla

0
Bupati Lahat H Cik Ujang, SH., menjadi inspektur upacara (Irup) dalam apel siaga karhutla, di halaman Makodim 0405 Lahat, Senin (18/7). Foto: Retno

LAHAT – Bupati Lahat H Cik Ujang, SH., menjadi inspektur upacara (Irup) dalam apel siaga karhutla, di halaman Makodim 0405 Lahat, Senin (18/7).

Turut hadir dalam apel tersebut antara lain Kapolres Lahat AKBP Eko Sumaryanto, S.Ik., para unsur Forkopimda Kabupaten Lahat, para kepala OPD, perusahaan perkebunan dan lainnya.

Dalam amanatnya, Bupati Lahat menyampaikan apel Karhutla dilaksanakan mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau, dimana puncak musim kemarau di perkirakan akan terjadi di Oktober mendatang.

“Belajar dari tahun- tahun sebelumnya bahwa Kabupaten Lahat termasuk 3 besar daerah penyumbang asap di Sumsel di bawah Muba dan OI. Kita masih berterima kasih di daerah kita masih tertolong dengan adanya hujan sehingga bisa mencegah terjadinya kebakaran hutan, baik itu di sengaja maupun tidak di sengaja,” ujar Bupati Lahat.

Untuk itu, Bupati Lahat meminta Kepala BPBD agar menyusun rencana yang strategis bekerjasama dengan Polres, Kodim, Manggala Agni, Pemda dan instansi terkait dalam rangka pencegahan terjadinya karhutla.

“Mencegah adalah lebih baik daripada kita mengatasi karhutla. Untuk itu, para Camat bekerjasama dengan Polsek, Koramil melalui kepala desa, bhabinsa, bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisasi kepada warga dan pihak perusahaan perkebunan hal-hal yang dapat menimbulkan kebakaran hutan dan lahan,” imbau Bupati Lahat.

Bupati Lahat juga menekankan kepada pihak perusahaan perkebunan harus taat dan mentaati peraturan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah, dalam hal pembukaan lahan agar tidak melakukan pembakaran.

“Diharapkan kerja keras dan kerja sama antar institusi dalam meghadapi musim kemarau saat ini, mengingat jangan sampai ada masyarakat yang membakar lahan. Karena keberadaan titik api akan selalu terdeteksi oleh satelit (hotspot),” jelas Bupati Lahat. (rws)