Bupati OKI H Iskandar SE : Tetap Tenang, Kami Hadir Bersama Kalian

0

KAYUAGUNG – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H Iskandar SE meminta masyarakat di wilayahnya agar tetap tenang dalam menghadapi dampak pandemi Covid 19, karena Pemkab OKI akan terus berupaya keras menekan dampak tersebut dengan memberikan bantuan sosial tunai dan non tunai kepada setiap keluarga miskin selama tiga bulan terhitung April, Mei dan Juni.

Hal tersebut disampaikan Bupati OKI, H Iskandar SE, kepada wartawan di kediamannya, Minggu (19/04).

Dalam kesempatan tersebut Bupati OKI menyampaikan adapun target penerima sebanyak 18.000 keluarga miskin dan rentan diluar (PKH, BPNTP, Kartu Pra Kerja), adapun komposisi bantuan tunai dimulai April berupa sembako sedangkan untuk bulan selanjutnya senilai Rp600 ribu.

“Untuk distribusi sembako akan diserahkan secara langsung, sedangkan untuk uang akan ditransfer ke rekening bank penerima,” jelas Iskandar SE.

Selain itu Bupati OKI menjelaskan, mengenai Dana Desa Pemerintah Pusat berdasarkan Permendes PDTT No 6 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Permendes, PDTT No 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, juga telah memerintahkan pengalihan dana desa untuk yang terdampak covid 19, yakni 25 hingga 35 persen harus dialihkan untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT Dana Desa) penanganan bencana covid 19.

Sementara Kepala BPMD OKI, Hj Nursula SSos menyampaikan, pihaknya telah mengadakan rapat pembahasan terkait dana covid 19 untuk pengalihan desa dan Insya Allah akan segera direalisasikan.

“Kami telah melakukan rapat (Kamis 16 April, red) guna percepatan realisasi penggunaan dana dampak Covid 19 dan pencegahan disetiap Desa di OKI, semoga para Kades segera menyalurkan dengan cepat,” terang Nursula. (febri)