Home / Sumsel / Muba / Camp Pengungsian Disiapkan Antisipasi Naiknya Debit Sungai Musi

Camp Pengungsian Disiapkan Antisipasi Naiknya Debit Sungai Musi

Hits: 14

SEKAYU (fokus-sumsel.com) — Naiknya ketinggian debit Sungai Musi membuat sebagian wilayah di Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mulai tergenang air.

Kapolres Muba AKBP Rahmat Hakin SIK melalui Kapolsek Sanga Desa Iptu Muklis menjelaskan, berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan oleh Kanit Binmas Bripka Tulus Ade, Bhabinkamtibmas Brigpol Yopis Robita dan Banit 1 IK Polsek sandes Brigpol M Hendarsin bersama Sekcam Kecamatan Sanga Desa Aizen, pihaknya telah melakukan pengecekan lokasi banjir di Trans SP 3 Desa Jud 1 Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Muba.

“Saat ini ketinggian air di trans sp 3 Desa Jud 1 mencapai ketinggian 1,5 meter dan personil kita menuju ke lokasi tersebut sudah menggunakan perahu ketek. Memang di daerah tersebut merupakan daerah yang rawan banjir apalagi disertai curah hujan yang cukup tinggi seperti saat sekarang ini,” jelasnya kepada awak media, Rabu (14/3).

Lanjutnya, saat ini di lokasi tersebut didiami sebanyak 32 kepala keluarga dan 96 jiwa, mereka masih bertahan di rumah masing-masing.

“Disamping melakukan pemantauan anggota kita juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar kiranya dapat berhati-hati khususnya bagi mereka yang mempunyai anak kecil agar selalu dipantau, jangan sampai menjadi korban akibat banjir ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut jelasnya, berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak KUPTD trans sp3 Zulkarnain akan menyediakan camp pengungsian bagi masyarakat yang berlokasi di sekolah trans sp 3 desa jud 1.

Sementara Camat Sanga Desa, H. Irwan Sazili, S.Sos, M.Si mengatakan, pihaknya telah membuat surat ke Dinas Sosial Muba guna meminta bantuan terkait kejadian ini..“Sementara kita buat surat ke dinsos untuk minta bantuan,” katanya.

Dari pantauan dilokasi, untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, pihak sekolah terpaksa meliburkan anak didik mereka.

“Anak-anak trans diliburkan sementara ini, karena pihak sekolah khawatir, nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Sazili menghimbau kepada warga terutama bagi yang memiliki anak kecil agar waspada, ia berharap para orangtua tidak lengah untuk menjaga anak mereka. “Saat ini kita sedang menunggu bantuan dari Dinsos,” pungkasnya. (wan/CS)

 

About Iwan Taruna

Baca Juga

Pemkab Muba Akan Tambah 5000 Jaringan Gas Rumah Tangga

Hits: 17 SEKAYU (fokus-sumsel.com) – Plt Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi mengatakan pemerintah …