Cemburu Buta, Warga OKU Nekat Bakar Rumah Mertua

0

BATURAJA – Diduga gara-gara cemburu buta dengan istrinya, Ahmad Fauzi (35) warga Desa Panji Jaya, SP VII Blok F, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten OKU, nekat membakar rumah mertuanya, Nurhayati (52) yang berada tak jauh dari rumahnya.

Ulah nekat Ahmad itu tentu saja sontak membuat warga setempat menjadi geger. Beruntung petugas pemadam kebakaran dibantu warga cepat memadamkan kobaran api tersebut, sehingga tidak menjalar ke bangunan lainnya. Peristiwa heboh itu sendiri terjadi pada Selasa (03/03) lalu sekitar pukul 23.30 WIB.

Kapolsek Peninjauan, Iptu Hamid saat dikonfirmasi, Sabtu (07/03) menjelaskan, malam itu saat korban tengah terlelap tidur tiba-tiba mendengar suara ledakan. Saat terjaga sang mertua melihat api sudah membesar membakar dinding rumah bagian samping ke belakang.

Nurhayati pun cemas dan berusaha meminta tolong dengan cara berteriak agar tetangganya mendengar. Namun, saat tetangga datang justru diketahui menantunya menghalang-halangi warga yang hendak memadamkan api yang sudah berkobar.

Polisi sendiri kata Kapolsek, begitu menerima laporan mengenai kasus pembakaran tersebut langsung memburu tersangka dan berhasil meringkusnya saat sedang bersembunyi di Blok A desa yang sama sehari kemudian atau Rabu, 4 Maret 2020.

“Kita mendapat informasi jika pelaku ada di Blok A. Lalu saya perintahkan Kanit Reskrim untuk mengejar dan menangkap tersangka. Dia bisa kita amankan tanpa mengadakan perlawanan dan kini masih kita proses lebih lanjut,” jelas Kapolsek.

Dijelaskan Kapolsek, dari perbuatan pelaku pihaknya sudah mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya sebuah jerigen bekas bensin dari plastik ukuran 5 liter, satu batang kayu yang terlilit kabel  panjang sekitar 1 M yang sebagian sudak terbakar, dan satu buah bantal guling kapuk warna merah yg sebagian terbakar.

“Tempat kejadian perkara juga sudah kita pasangi garis polisi. Akibat perbuatan tersangka korban mengalami kerugian ditaksir Rp 15 juta,” imbuh Iptu Hamid.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh terkait motif pembakaran rumah mertua oleh menantunya di tengah malam, lantaran dipicu diduga pelaku sakit hati dan cemburu buta dengan isterinya.

Dikabarkan isterinya sudah menggugat cerai pelaku karena tidak tahan suaminya itu sering menggunakan narkoba. Bahkan gugatan cerai isteri pelaku sudah dikabulkan majelis hakim Pengadilan Agama Baturaha hari ini.

Disamping itu, mungkin cekcok rumah tangga pelaku sudah cukup parah, membuat isterinya dalam satu bulan lebih ini pergi dengan pria lain. Ketika pulang ke desanya, sang isteri malah minta cerai dan ingin menikah.

Perubahan sikap isteri pelaku inilah yang membuat dia nekat mengamuk dan membakar rumah mertuanya.

“Kondisi rumah semi permanen. Saat terjadi pembakaran sempat akan dipadamkan warga tapi dihalang-halangi pelaku. Kemudian datang Pak RT membujuk pelaku dan warga pun melakukan pemadaman bersama-sama Lebih kurang satu jam api bisa dipadamkan dan rumah korban bagian belakangnya sudah habis,” tambah Kanit Reskrim Ipda Zulhanas. (kie)