Curi Kotak Amal Masjid, Rinto Diamuk Massa

0

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com) – Rinto Harahap (35) warga Desa Ulak Jermun Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sempat menjadi bulan-bulanan warga Desa Arisan Buntal Kecamatan Kayuagung, Rabu (27/3) sekitar pukul 08.00 WIB.

Pasalnya, pria berbadan tegap ini diduga telah melakukan aksi pencurian kotak amal Masjid Istiqomah yang berada di Dusun I Desa Arisan Buntal. Beruntung, pelaku cepat diamankan anggota kepolisian dan sempat diamankan di dalam WC masjid tersebut untuk menghindari amuk massa.

Kapolres OKI, AKBP Donni Eka Syaputra didampingi Kapolsek Kayuagung, AKP Nasharudin melalui Kanitreskrim Polsek Kayuagung, IPDA Djunaidi saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut.

“Sekitar pukul 08.00 WIB, kita menerima laporan dari warga arisan buntal bahwa mereka telah mengamankan seorang laki- laki yang dicurigai melakukan Pencurian Isi Kotak Amal Masjid Istiqomah di Dusun I Desa Arisan Buntal,” jelasnya.

Kemudian pihak kepolisian Polsek Kayuagung menuju ke TKP untuk menjemput pelaku yang sudah dan sedang diamankan di dalam WC Masjid Istiqomah oleh anggota Sat Intelkam Polres OKI agar terhindar dari amukan massa yang telah berkumpul di sekitar lokasi masjid.

“Kita pun awalnya sedikit kesulitan untuk merangsek masuk ke lokasi masjid. Namun setelah dijelaskan bahwa kita dari kepolisian, massa akhirnya mempersilahkan. Begitupun saat kendaraan kita masuk untuk membawa pelaku, massa memberikan jalan,” ujarnya.

Namun, katanya lagi, ketika keluar dari dalam WC pelaku yang kita bawa hendak dimasukkan ke dalam mobil, seketika massa berkerumun melampiaskan kekesalan terhadap pelaku, bahkan kita sendiri sempat terkena luapan emosi massa.

“Beruntung, dengan cepat pelaku berhasil dimasukkan ke dalam mobil sehingga terhindar dari amukan dan langsung dibawa ke Polsek Kayuagung, meski kendaraan yang kita bawa alami kerusakan akibat luapan emosi massa disana,” ungkapnya.

Dari keterangan yang didapat, lanjutnya, kejadian pertama kali diketahui oleh saksi Reni (33) yang saat itu sedang berjalan kaki melintas di dekat Masjid Istiqomah. Lalu ia curiga dengan gelagat seorang pria tak dikenal mondar mandir dan memukuli kotak amal masjid.

“Karena curiga, Reni, warga Arisan Buntal ini memberitahukannya kepada warga lainnya. Selanjutnya, warga ramai ramai langsung mendatangi Masjid Istiqomah dan mendapati diduga pelaku Rinto Harahap sedang berada di dalam masjid,” tandasnya.

Setelah ditanya oleh warga “Kau Lagi Apo disini” dijawab oleh diduga Pelaku Rinto Harahap, “Aku habis shalat Dhuha”. Lanjutnya, tetapi warga curiga melihat ada sejumlah uang berada dibawah ambal masjid yang diduga uang isi kotak amal masjid.

“Akhirnya uang sejumlah Rp51 ribu berikut terduga pelaku diamankan warga. Dimana selanjutnya anggota Sat Intelkam Polres OKI yang cepat datang dan berada dilokasi mengamankannya didalam WC Masjid agar terhindar dari aksi main hakim sendiri oleh masyarakat,” katanya.

Ditambahkan, aaat ini pelaku Rinto Harahap berikut barang bukti 1 unit sepeda motor Honda Revo warna hitam tanpa nopol, 1 buah kotak amal dan uang sejumlah Rp51 ribu telah diamankan di Mapolsek Kayuagung untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. (febri/gani)