Danau Kasmaran, Kecil Namun Mempesona

Foto : Danau Kasmaran di Desa Gemiung.

MUARADUA (fokus-sumsel.com) – Keberadaan Danau Kasmaran yang terletak di desa Gemiung Kecamatan Buana Pemaca nampaknya menjadi tempat favorite tersendiri bagi sebagian warga, baik pendatang ataupun warga lokal yang ingin menikmati liburan atau sekedar bersantai melepas penat sembari menikmati suasana pemandangan alam.

Meski termasuk sebuah danau kecil dengan di kelilingi pepohonan yang hijau dan terdapat hamparan persawahan di sekitar lokasi danau, akses jalan menuju lokasi yang mudah dijangkau menjadikan Danau Kasmaran cukup ramai dikunjungi oleh warga baik pendatang atau lokal terutama saat hari libur tiba.

Ardi, seorang pengunjung asal Baturaja OKU mengaku sengaja mengajak keluarganya singgah guna menikmati pesona alam Danau Kasmaran, usai berkunjung ke tempat salah satu keluarga mereka yang ada di kota Muaradua.

“Pemandangan yang ada di Danau Kasmaran cukup bagus dan alami, terasa menyenangkan bersantai bersama keluarga sambil menikmati suasana alam yang ada,” tuturnya.

Menurut Ardi, keberadaan Danau Kasmaran merupakan salah satu potensi wisata yang perlu dikembangkan kedepan agar semakin menarik para pengunjung.

“Dilihat dari pemandangan serta alamnya, Danau Kasmaran sangat bagus sebagai tempat berlibur terutama untuk bersantai bersama keluarga, apalagi jika dikelola dengan baik,” ujarnya.

Pengunjung lainnya Putra, bersama dua rekannya yang berasal dari kota Muaradua mengaku tahu tentang keberadaan Danau Kasmaran setelah membaca postingan netizen di media sosial. Untuk itulah dirinya bersama rekannya datang guna melihat langsung sekaligus menikmati suasana alam Danau Kasmaran.

“Setelah melihat langsung, pemandangan alamnya memang cukup bagus dan menarik. Selain menikmati naik rakit keliling Danau, kami juga memancing ikan yang ada di Danau. Pokoknyo cukup seru hari ini liburan hari Minggu ini,” ujar Putra yang mengaku datang bersama teman-temannya.

Disampaikan oleh Putra, berbagai fasilitas pendukung perlu disediakan disekitar lokasi Danau, mulai bangunan Gazebo untuk tempat bersantai, fasilitas lainnya juga perlu di bangun agar keberadaan Danau Kasmaran menjadi semakin menarik.

“Jika perlu kedepannya disekitar lokasi Danau ada jaringan Wifi, sehingga para generasi milenial sepertinya semakin betah saat berada dan menikmati liburan di Danau Kasmaran,” ucap Putra. (den)

Spread the love