Desa Setia Jaya Bangun Embung Untuk Cadangan Musim Kemarau

0

SEKAYU (fokus-sumsel.com) — Minimnya air bersih di Desa Setia Jaya, Kecamatan Jirak Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) saat musim kemarau membuat pemerintahan desa sepakat membangun embung desa dengan memanfaatkan program pemerintah pusat melalui Dana Desa (DD).

Dan sekarang pembangunan ini sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa sebagai tempat pemandian umum warga desa apalagi saat musim kemarau.

Pelaksana Harian (PLH) Kepala Desa Setia Jaya, Siensen saat dikonfirmasi membenarkan kalau pembangunan embung desa merupakan usulan warga, melalui musyawarah sehingga keberadaannya sangat bermanfaat bagi warga desa. “Adanya embung ini kami tidak kesulitan lagi mendapatkan air bersih untuk MCK,” kata Sinsen.

 

 

Dilanjutkannya, selama ini jika musim kemarau warga memanfaatkan air sumur galian namun terkadang ikut juga kering. “Kalau sekarang alhamdulillah airnya tidak pernah kering dan warga tidak jauh untuk mendapatkan air,” ungkapnya.

Senada disampaikan warga setempat Aisyah (35) ibu rumah tangga mengaku, dulu belum ada embung susah nian untuk mencari air dan harus mengambil jauh ke dalam hutan. “Nak mintak dengan warga lain mereka juga sumurnyo kering,” ujar Isa sapaan ibu muda anak satu itu.

Selain itu sambung Isa, keberadaan embung bukan hanya untuk mandi saja, tetapi juga untuk mencuci. “Alhamdulillah sekarang desa kami jauh lebih maju berkat program pemerintah yang menyalurkan dananya untuk pembangunan di setiap desa seperti yang kami rasakan ini,” pungkasnya. (wan/ADV )