Dewan OKU Sidak Ke Lokasi Pertambangan di Lubuk Raja

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Ogan Komering Ulu (OKU) melakukan sidak areal yang akan dijadikan tambang batubara oleh PT Selo Argodedali di wilayah Desa Batu Winagun dan Baturaden Batumarta Kecamatan Lubuk, Senin (24/9) siang.

Sampai di kawasan tersebut sidak yang dipimpin wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OKU, Ferlan Yuliansyah ID Murod itu melihat jalan menuju kawasan tambang yang telah diportal warga.

Selang beberapa saat Ferlan serta beberapa anggota dewan lainya menumpang ojek menuju areal tambang.

Sampai di kawasan lahan yang sudah digusur tak ada aktifitas dua alat berat terlihat berada di kawasan itu.

Suasana saat itu memang terlihat masih “cair” selang beberapa saat diketahui perwakilan PT Selo Argodedali Dedi Herwan tiba menghampiri dan menjelaskan beberapa masalah terkait kawasan yang akan dijadikan tambang batubara itu.

Ferlan menyebut, kunjungan anggota DPRD OKU terkait dengan adanya aspirasi dari masyarakat di Batumarta (Lubuk Raja) yang menolak adanya aktivitas pertambangan di wilayahnya.  “Ini tindaklanjut dari masukan yang disampaikan masyarakat terkait kegiatan penambangan yang ada di Batumarta,” katanya.

Tim terpadu turun untuk mendengar langsung bagaimana persoalan di lapangan. Selain itu, juga diharapkan persoalan yang ada, cepat dapat diselesaikan. Salah satunya melakukan koordinasi dengan masyaraat dan tokoh masyarakat. Sehingga persoalan bisa tuntas dan dicarikan solusi terbaik, dan tidak berlarut larut.

Terpisah, Kepala Teknik PT Selo Argodedali, Dedi, ketika dikonfirmasi mengatakan, perusahaan tersebut dalam operasional sudah ada izin dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dengan nomor 447.K/30/DJB/2017.

Surat izin ini diteken Dirjen Mineral dan Batubara Bambang Gatot Ariyono. Isinya, tentang penyesuaian tahap kegiatan perjanjian karya pengusahaan pertambangan batubara PT Selo Argodedali menjadi tahap kegiatan operasi produksi.

“Sama-sama kita mencari yabg terbaik terkait tuntutan warga, kami akan cari solusi dan duduk bersama,” singkatnya. (ags)