Home / Sumsel / Di OKU Selatan Buah Duku Mulai Panen

Di OKU Selatan Buah Duku Mulai Panen

MUARADUA (fokus-sumsel.com) — Buah duku atau dalam bahasa latin sering disebut lansium domesticum saat ini mulai terlihat banyak di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS).

Para petani yang di kebunnya menanam buah duku, sebagian besar sejak beberapa hari terakhir sudah mulai tampak memanen buah duku milik mereka, baik untuk dimakan bersama keluarga, dijual secara eceran ataupun dijual kepada para pemborong buah duku yang biasanya datang dan berasal dari luar daerah atau ke pemborong buah lokal.

Karena baru mulai panen, otomatis harga buah duku saat ini terbilang masih cukup mahal. Untuk harga perkilonyo masih berkisar antara Rp 7 ribu sampai Rp 10 ribu, tergantung rasa dan kualitas buah duku.

Andi warga Muaradua, salah satu petani, dibincangi fokus sumsel saat memanen buah duku di kebun miliknya menuturkan, untuk harga saat ini masih bagus karena termasuk baru mulai masa panen buah duku.

“Soal rasa duku yang dipanen rata-rata sudah manis. Selain untuk dimakan rencananya buah duku milik kami akan dijual sendiri secara eceran,” tuturnya.

Sementara Itifa, seorang pelintas jalan raya ketika ingin membeli buah duku yang dijual secara eceran di tepi jalan raya mengaku, sudah suka pada manisnya rasa buah duku sejak kecil.

Dirinya sendiri berencana membeli sebanyak 1 karung buah duku untuk dimakan dan nikmati bersama keluarganya di rumah.

“Soal harga saat ini tidak jadi masalah, asal duku itu memang benar-benar manis. Lagian buah duku kadang hanya bisa dinikmati setahun sekali,” ucap warga Kecamatan Buana Pemaca ini. (den)

About Deni Saputra

Baca Juga

Mobil Warga Desa Damarpura Hilang dicuri

MUARADUA (fokus-sumsel.com) – Kasus Pencurian kendaraan roda empat atau mobil kembali terjadi di Kabupaten Ogan …