Dinas Kebudayaan Palembang Bakal Daftarkan 70 Cagar Budaya

0

 

PALEMBANG, (sumsel-fokus.com) – Pihak Dinas Kebudayaan Kota Palembang pada tahun ini akan mendaftarkan sekitar 70 cagar budaya yang sudah terdata ke registrasi nasional.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Siti Emma Sumiatul menyampaikan hal tersebut usai pembukaan sosialisasi cagar budaya kota Palembang tahun 2019, Kamis.

Cagar budaya yang sudah terdata dan akan disampaikan ke registrasi nasional itu dalam bentuk bangunan dan benda.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi cagar budaya ini masyarakat lebih memahami lagi tentang upaya-upaya pelestarian cagar budaya sehingga apabila masyarakat ada yang memiliki atau ditempatnya diketahui diduga ada cagar budaya bisa didaftarkan dan didata,” ujarnya.

Untuk sekarang ini sudah ada 374 yang sudah terdaftar di registrasi nasional dan yang akan didaftarkan ke depan sekitar 70 cagar budaya.

Sementara untuk tim.ahli cagar budaya sendiri untuk saat ini sedang diusulkan, jadi kita tidak lama lagi akan memiliki tim ahli cagar budaya. Tim ahli ini berasal dari akademisi, katanya.

Ia juga berharap, duta budaya untuk menginformasikan kepada masyarakat, karena mereka merupakan perpanjangan tangan dinas kebudayaan, jadi tidak hanya melalui staf/pegawai saja tapi unsur-unsur pemuda yang ada jadi berkelanjutan dari generasi ke generasi sehingga informasi cagar buaya tidak hanya diketahui oleh kita saja tapi juga masyarakat.

Pada sosialisasi cagar budaya itu menghadirkan sejumlah nara sumber dan dihadiri dari berbagai kalangan masyarakat