Dinkes OKU Optimis Capai Target Imunisasi MR

0
Andi Prapto

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) optimis mencapai target pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) diberikan kepada anak di wilayah setempat dengan jumlah yang ditargetkan pada 2018 yaitu sebanyak 95.823 orang.

“Target tersebut diyakini dapat tercapai sebelum akhir Desember 2018,” kata Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Lingkungan (P2PL) Dinkes OKU, Andi Prapto, Minggu (25/11).

Sebab kata dia, merujuk pada Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinas Kesehatan setempat terkait pemberian imunisasi MR hingga saat ini telah mencapai 91.810 anak di wilayah itu yang sudah divaksinasi. “Hingga saat ini pencapaian pemberian imunisasi MR sudah sekitar 95,8 persen dari target,” katanya.

Dia mengemukakan, pemberian imunisasi MR tersebut akan diperpanjang untuk dilanjutkan hingga mencapai target agar anak di Kabupaten Ogan Komering Ulu terbebas dari penyakit campak dan rubela. “Jangka waktu pemberian imunisasi MR ini kami perpanjang sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan (Kemenkes) RI,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, sesuai Surat Edaran Kemenkes RI tentang strategi kampanye imunisasi MR fase II diperpanjang hingga 31 Desember 2018 agar seluruh anak di Indonesia mendapat vaksin tersebut.

“Untuk itu kami imbau kepada orang tua agar segera membawa anaknya ke Puskesmas terdekat untuk diimunisasi MR secara gratis,” jelasnya.

Menurut dia, pemberian imunisasi ini juga dapat dilakukan di Posyandu dan setiap pos pelayanan vaksinasi yang sudah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan setempat. “Kami juga mendatangi pihak sekolah sebagai upaya jemput bola agar pelajar mendapat imunisasi MR,” ujarnya. (ags)