Distan OKU Sebar 725 Batang Durian Semenguk Sakti

0
Bupati OKU, H Kuryana Azis didampingi Kadin Pertanian setempat, Joni Saihu SP MSi berfoto bersama unsur muspida usai louncing tanam perdana bibit unggul Durian Semenguk Sakti di TPP Desa Raksa Jiwa, Kecamatan Semidang Aji, Senin (7/1).

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), memberikan 725 bibit unggul durian lokal Semenguk Sakti kepada kelompok tani di daerah tersebut.

Bibit durian lokal Semenguk Sakti itu mulai dikembangkan di Kabupaten OKU lantaran rasanya lebih manis dibanding durian pada umumnya. Hal itu diyakini bisa menjadi ciri khas durian asli Ogan Komering Ulu.

Bupati OKU, H Kuryana Azis didampingi Kepala Distan OKU, Joni Saihu saat melakukan tanam perdana bibit durian Semenguk Sakti

Kepala Dinas Pertanian OKU, Joni Saihu SP MSi saat ditanya wartawan pada acara louncing durian lokal unggul itu di kawasan Taman Teknologi Pertanian (TTP) Desa Raksa Jiwa Kecamatan Semidang Aji, Senin (7/1), menyebutkan, ada 725 batang Durian Semenguk Sakti yang diberikan kepada kelompok tani yang tersebar di 13 kecamatan di OKU.

Pemberian bibit batang durian Semeguk Sakti ini tidak terlepas dari keinginan pihaknya dalam hal ini Pemkab OKU untuk melestarikan durian yang disebut asli OKU.

Dimana keberadaan batang durian ini sudah sangat langka, hanya ada satu batang tersisa. Oleh sebab jelas Joni, sejak setahun yang lalu Bupati OKU telah mengintruksikan untuk dikembangkan pembibitanya.

“Alhamdulillah, pengembangan bibit unggul sudah terlaksana dan hari ini sudah resmi kita sebar sebanyak 725 batang Durian Semenguk Sakti,” ucap Joni Saihui.

Tak hanya itu, kata Joni, 150 batang durian juga diberikan pihaknya kepada Universitas Sriwijaya untuk dikembangan dan diteliti sehingga durian ini bisa dikenal masyarakat luas.

Kedepan jelas Joni, pihaknya akan terus mengembangkan varietas bibit unggul Durian Semenguk Sakti. “Kita harap kedepan seluruh desa dan kelurahan di OKU ini bisa kita beri bibit durian ini dan itu akan kita usulkan dalam APBD OKU,” jelasnya.

Lebih jauh Joni mengatakan, durian ini sendiri sudah memenangkan juara tingkat Nasional pada ajang lomba buah durian, maka dari itu sedikit banyak durian ini sudah diakui cita rasanya.

Sementara itu Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis mengaku, sangat mengapresiasi pengembangan jenis durian ini, karena rasanya lebih manis ketimbang durian biasa.

Kuryana meminta bibit durian ini disebarkan di seluruh OKU dan dijaga keberadaanya, sehingga diharapkan bisa membantu meningkatkan hasil petani.

“Kan sudah menang artinya punya kelebihan, nanti orang bertanya dimana batangnya. Kalau tidak adakan jadi malu kita. Makanya saya meminta untuk dikembangkan lagi, dilestarikan dan disebar di seluruh OKU,” jelas Kuryana. (ags/ADV)