Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Pansus Terhadap LKPJ Gubernur Tahun 2018

0

PALEMBANG (fokus-sumsel.com) – DPRD Sumatera Selatan menggelar rapat paripurna LVIII (58) penyampaian laporan hasil pembahasan dan penelitian pansus-pansus terhadap LKPJ Gubernur Sumsel Tahun 2018.

Rapat paripurna LVIII (58) tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumatera Selatan MA Gantada yang didampingi wakil ketua DPRD Sumsel Chairul S Matdiah, M Yansuri dan Sandra Kartika Desi serta dihadiri Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya dan pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel di Palembang, Selasa.

Pada rapat tersebut lima panitia khusus masing-masing menyampaikan hasil pembahasan dan penelitiannya terhadap LKPJ Gubernur Sumsel Tahun 2018.

Juru bicara pansus I DPRD Sumsel, Sri Mulyadi menyampaikan, setelah melakukan pembahasan dan penelitian terhadap LKPJ Gubernur Sumsel maka pansus I DPRD Sumsel dapat menerima dan memahami laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) gubernur Sumsel tahun 2018.

Sementara itu juru bicara pansus II DPRD Sumsel M Subhan mengatakan, pansus tersebut telah melakukan pembahasan dan penelitian terhadap LKPJ gubernur Sumsel tahun anggaran 2018 yang merupakan laporan pelaksana tugas atas kebijakan yang telah dilaksanakan oleh OPD tahun 2018.

LKPJ gubernur tahun anggaran 2018 kepada DPRD ini untuk meningkatkan efesiensi, efektivitas, produktivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah dalam fungsi pengawasan DPRD terhadap jalannya pemerintahan serta bukan untuk menemukan kelemahan pelaksanaan pemerintahan daerah provinsi Sumsel.

Berdasarkan hasil pembahasan yang dilaksanakan oleh pansus II bersama mitra, maka pansus II menilai bahwa kinerja masing-masing organisasi perangkat daerah sudah terus membaik dibanding tahun sebelumnya dimana rata-rata capaian kinerja setiap OPD sudah diatas 92 persen, katanya.

Selanjutnya Pansus III dan pansus IV DPRD Sumsel disampaikan masing-masing juru bicaranya Aswandi Assegaf dan Meriadi.

Sementara juru bicara Pansus V DPRD Sumsel, Mgs Syaiful Padli menyatakan, pansus V mengharapkan untuk tetap terlaksananya program sekolah gratis dari jenjang SD sederajat sampai SMA sederajat. Bahkan dapat ditingkatkan lagi ke jenjang lebih tinggi seperti universitas dan pansus V DPRD Sumsel berharap agar pengawasan terhadap mutu dan kualitas pendidikan lebih ditingkatkan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik dan beretika. Pansus V DPRD Sumsel dapat menerima dan memahami LKPJ gubernur Sumsel tahun 2018, katanya.

Sementara Ketua DPRD Sumsel MA Gantada menyampaikan, akan dibentuk tim perumus rekomendasi sesuai laporan pembahasan dan penelitian pansus-pansus itu untuk disampaikan pada rapat paripurna selanjutnya. (Adv/SW)