DPRD Sumsel Konsultasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata

0

PALEMBANG — Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Selatan melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pariwisata RI Jakarta dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat dalam rangka konsultasi tentang Pengembangan Pemasaran Pariwisata.

Sekretaris Komisi V DPRD Sumsel Mgs Syaiful Padli di Palembang, Minggu mengatakan, pihaknya telah melakukan kunjangan kerja dalam rangka Konsultasi tentang Pengembangan Pemasaran Pariwisata.

Menurut dia, Sumatera Selatan terutama ibukota Provinsi Kota Palembang memiliki potensi destinasi wisata, terutama wisata berbasis sejarah dan sungai seperti yang dikelola Pemprov Sumsel selama ini misal Bukit Siguntang, Kampung Arab Almunawar dan kedepan masih banyak lagi potensi wisata Sumsel yang harus menjadi perhatian Pemerintah Daerah.

Ia menuturkan, dari sharing yang didapatkan Komisi V dari Kementerian Pariwisata untuk 100 event nasional Sumsel hanya mendapat dua kegiatan yaitu event Festival Sriwijaya dan Wisata Ziarah Qubro.

Beberapa strategi yang bisa dibuat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel diantaranya dengan memaksimalkan Potensi Generasi Milineal. Data dari internet marketing jumlah generasi milineal saat ini 79 juta orang.

Pemerintah Provinsi harus jeli melihat potensi milineal baik sebagai objek wisata maupun penggiat wisata sehingga pendapatan daerah dari sektor kebudayaan dan pariwisata bisa menjadi andalan.

Belajar dari Provinsi Jawa Barat dimana Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di sana melibatkan semua sektor masyarakat baik kalangan Pecinta Budaya, Ahli Sejarah , Akademisi maupun Penggiat sektor wisata dibuat forum khusus sehingga bisa duduk bersama membangun daerah dan pada akhirnya bisa menambah pendapatan daerah dari sektor budaya dan pariwisata, katanya. (SW)