Dua Butir Peluru Polisi Bikin Residivis Ini Tak Berkutik

0
Pelaku saat dibawa berobat ke RSUD Ibnu Sutowo Baturaja
Pelaku saat dibawa berobat ke RSUD Ibnu Sutowo Baturaja

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Rozi Hamzah alias Jek (42) warga Kecamatan LubukBatang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) harus berurusan dengan pihak kepolisian, karena diduga melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

Penangkapan yang bersangkutan berdasarkan laporan korban berinisial Sup (39) warga Desa Air Wall, Kec Lubuk Batang, Kab OKU. Waktu kejadian Kamis (24/1) di Blok D Desa Air Wall, Kecamatan Lubuk Batang.

Kapolres OKU, AKBP NK Widayana Sulandari melalui Kapolsek Lubuk Batang, AKP Ujang Abdul Azis, saat dikonfirmasi, Jumat (25/1) menceritakan, kronologis kejadian, Kamis 24 Januari 2019 sekitar pukul 13.30 Wib.

Saat itu pelapor pulang ke rumah dan melihat pelaku sudah ada di depan rumahnya, kemudian pelaku langsung mendekati pelapor sambil mengajaknya mengobrol.

Lalu tidak lama kemudian pada saat pelapor sedang memperbaiki mobil (berada dibawah mobil) pelaku meminta tolong kepada anak pelapor yang bernama Amil untuk mengantarnya ke rumah saudaranya Daram.

Selanjutnya anak pelapor langsung mengantarkan pelaku tersebut, namun saat diperjalanan tepatnya di blok D Desa Air Wall, Kec Lubuk Batang pelaku menyuruh anak korban untuk berhenti dan mengambil rokok yang telah dijatuhkannya.

“Saat anak korban sedang mengambil rokok, pelaku langsung membawa kabur sepeda motor tersebut. Atas kejadian itu korban melaporkan ke Mapolsek Lubuk Batang guna diproses hukum lebih lanjut,” kata Kapolsek.

Berbekal laporan itu kata AKP Ujang, pihaknya langsung melakukan pengejaran dan pada Kamis 24 Januari 2019 sekitar pukul 14.00 Wib mendapatkan informasi bahwa pelaku melarikan diri ke arah Desa Bandar Agung, Kecamatan Lubuk Batang.

Dengan adanya laporan tersebut anggota Polsek Lubuk Batang langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku ke arah Desa Bandar Agung, lalu tidak lama kemudian warga melihat pelaku sedang berada di seputaran Desa Bandar Agung sehingga terjadilah kejar-kejaran terhadap pelaku dengan warga.

Tidak lama kemudian anggota Polsek Lubuk Batang melihat adanya keramaian dan langsung ikut melakukan pengejaran terhadap pelaku yang saat itu masih berusahan melarikan diri dari kejaran sehingga anggota Polsek Lubuk Batang langsung memberikan tembakan peringatan sebanyak dua kali ke arah atas. Namun pelaku tidak menghiraukannya dan masih berusaha melarikan diri.

“Akhirnya anggota Polsek Lubuk Batang melakukan tindakan tegas dan terukur dengan cara menembak kaki kanan pelaku sebanyak dua kali dan selanjutnya pelaku langsung dibawak ke RSUD Ibnu Sutowo Baturaja untuk mendapatkan perawatan medis. Kemudian pelaku diamankan ke Mapolsek Lubuk Batang guna proses hukum lebih lanjut,” kata AKP Ujang.

Berdasarkan dari hasil introgasi terhadap pelaku dapat dijelaskan bahwa tersangka merupakan residivis dan selama ini pelaku sudah beberapa kali melakukan tindak pidana curanmor. (ags)