Dua Unit Rumah Terkena Longsor

0

BATURAJA (fokus-sumsel.com) — Hujan Deras mengguyur kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) beberapa hari belakangan. Lebatnya guyuran hujan berdampak pada pemukiman warga yang ada di pinggiran sungai.

Misalnya longsor terjadi di kawasan Kelurahan Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur. Beberapa unit rumah mengalami longsor. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini.

Kasi Penanggulangan dan Kesiagaaan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Mailan Purnama saat dikonfirmasi, kemarin, menjelaskan, hasil mereka turun ke lapangan dua unit rumah mengalami longsor di wilayah Kel Kemalaraja, di dekat Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Menurut penghuni rumah yang terkena dampak longsor kejadian sudah 1 minggu yang lalu, pada pukul 18.30 Wib. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini,” katanya.

Maulan menjelaskan, penyebab kejadian tersebut diduga karena faktor hujan dengan intensitas sedang. Karena daerah tersebut merupakan daerah dataran tinggi yang mana dilokasi tersebut merupakan salah satu tempat pembuangan air dari daerah sekitar menuju ke Sungai Ogan.

Dampaknya, ada 6 (enam) rumah yang berada didekat lokasi abrasi tersebut. Sempat terputusnya jalan setapak dari rumah warga menuju ke tempat pemandian di DAS Ogan. Hancurnya drainase lama yang berdampak ke dinding rumah penduduk yang ambruk.

“Pada waktu kejadian sempat ada korban 2 orang yang terkena dampak longsor tersebut (Korban mengalami luka ringan akibat kejadian tersebut). Hal yang dilakukan warga telah melakukan rehab sementara pada jalan yang longsor tersebut dengan menggunakan biaya pribadi,” kata Mailan. (ags)