Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa Terjadi Lagi di OKI

0

KAYUAGUNG (fokus-sumsel.com) — Penyalahgunaan Dana Desa (DD) yang diduga dilakukan oleh oknum Kepala Desa di wilayah Kabupaten OKI terulang kembali dan menuai perotes dari masyarakat.

Hal itu seperti yang terjadi di Desa Jerambah Rengas, Kecamatan Tulung Selapan dimana puluhan warga setempat Kamis (20/12), mendatangi instansi terkait untuk menuntut agar kepala desa mereka yang berinisial IJ untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya atas dugaan penyelewangan Dana Desa tahun 2016 serta beberapa dugaan lainnya.

M Syafei selaku perwakilan warga menyampaikan, mereka datang ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) OKI dengan tujuan melaporkan kepala desa atas dugaan penyelewangan dana desa tahun 2016 dimana dinilai banyak laporan yang fiktif bahkan mark up.

“Tidak hanya itu, hal ini juga telah kami laporkan ke inspektorat dan Kejaksaan Negeri Kabupaten OKI. Bahkan hari ini kami ingin bertemu dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa OKI, Hj Nursula untuk berkoordinasi atau mediasi terkait masalah laporan tersebut,” katanya.

Setelah beberapa saat berdemo, perwakilan warga akhirnya diajak pihak DPMD OKI untuk berdialog.

Adapun hasil mediasi warga bersama pihak DPMD OKI adalah dugaan penyelewengan dana desa 2016 itu sudah diselesaikan secara hukum dimana kerugian negaranya sudah dikembalikan ke kas negara.

“Namun kami sangat menyangkan undang-undang tersebut karena setelah mengembalikan kerugian negara, maka si oknum kades bisa terbebas dari jeratan hukum,” tandas Syafei. (febri)