Gedung Baru BPKAD Berpotensi Ambruk

0

MUARADUA (fokus-sumsel.com) – Bangunan gedung baru bangun milik Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) yang direncanakan digunakan untuk ruang aula rapat intern berpotensi ambruk.

Hal ini disebabkan salah satu sisi bangunan gedung letaknya persis berdekatan dengan tanah berjurang yang jika hujan dapat mengalami gerusan yang berakibat mengikis bagian pondasi bawah gedung. Jika kondisi ini dibiarkan tentu akan mengancam bangunan gedung baru BPKAD yang dibangun menggunakan uang rakyat tersebut.

Menanggapi persoalan ini Kepala Dinas (Kadin ) Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Kabupaten OKU Selatan, A Farid Efendi ST, melalui Sub Bagian Informasi Publik Dinas PUTR, Andi Setiawan menjelaskan, untuk mengatasi ancaman ambruk tersebut akan dibangun sebuah talud guna mengatisipasi terjadinya kikisan atau erosi di samping gedung baru BPKAD.

Pembangunan talud ini sendiri, ucapnya telah masuk di pengangaran Pemda OKU Selatan melalui Dinas PU setempat yang rencananya akan maulai dibangun tahun 2019 ini juga. “Untuk nominal anggarannya sendiri sekitar senilai lebih kurang 1 Miliar,” ujarnya.

Kemungkinan dua tiga hari kedepan ini tim dari PU akan turun ke lokasi guna mengecek kondisi bagian samping bangunan tersebut,” jelasnya kepada fokus-sumsel.com saat dibincangi di ruangan kerjanya, Kamis (10/1).

Sementara itu, Kepala BPKAD OKU Selatan, M Rahmatulah saat ingin dikonfirmasi media fokus sumsel tentang kondisi tanah di samping gedung baru milik BPKAD yang dipimpinnya tersebut, tidak berhasil menemuinya.

Kurang lebih hampir 1 Jam wartawan media ini menunggu di depan ruangan kantor BPKAD, namun yang ditunggu tak kunjung bisa ditemui. “Bapak (Kepala BPKAD-red) tidak bisa ditemui, beliau lagi sibuk. Selain itu Bapak juga lagi banyak pekerjaan dan lagi pusing, jadi belum bisa untuk menghadap,” ujar salah satu Staf kantor bagian penerima tamu. (den)