Guardil di Jalan Pemkab Jagaraga Banyak Lepas dan Rusak

Guardil di jalan Pemkab-Jagaraga yang banyak rusak.

MUARADUA (fokus-sumsel.com) – Keberadaan besi pembatas sisi jalan atau guardil yang berada disepanjang jalan Pemkab Jagaraga hampir sebagian terlihat rusak atau lepas dari tiang penyangga tempat guardil tersebut terpasang.

Lepas atau rusaknya Guardil disepanjang jalan ini, terutama yang ada di sekitar tanjakan selain disebabkan oleh ditabrak kendaraan yang tidak mampu menanjak dan mengalami kecelakaan, juga di duga akibat di pereteli (curi-red) oleh tangan-tangan jahil.

Rusak atau lepasnya Guardil yang ada tersebut tentu selain menganggu pemandangan juga berdampak terhadap keselamatan sekaligus kenyamanan para pengendara, karena keberadaan Guardil sendiri berfungsi sebagai pembatas sisi jalan untuk melindungi kendaraan agar tidak jatuh ke jurang atau terperosok saat keluar jalur dari badan jalan saat terjadi kecelakaan.

Terkait banyaknya kerusakan serta terlepasnya Guardil dari besi penyangga dijalan Pemkab Jagaraga ini Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten OKU Selatan, Farid melalui Kepada Bidang (Kabid) Bina Marga (BM), Armada Sazuli ST turut mengakui adanya kerusakan serta banyak terlepasnya Guardil di sepanjang jalan Pemkab Jagaraga.

Menurut Armada, untuk masalah ini apakah perbaiki oleh Dinas PU ataukah Dinas perhubungan yang membidangi soal rambu rambu termasuk Guardil, hal itu masih belum jelas.

“Soal pemasangan Guardil ini sebelumnya memang dilakukan oleh kami Dinas PU TR, akan tetapi untuk perawatan apalagi mengganti Guardil yang rusak serta lepas tersebut hingga saat ini belum dianggarkan. Selain itu juga belum ada petunjuk serta kejelasan dari Pemerintah Daerah apakah tanggung jawab PUTR atau Dinas Perhubungan. Yang jelas itu tugas Dinas PUTR kami siap,” tegasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten OKU Selatan, Amroelian Toni melalui Kepala Bidang LLAJ dab Angkutan Darat, Mashur Darori mengaku terkait hal ini dirinya akan segera berkoordinasi dengan Dinas terkait guna menyikapi kerusakan pada sebagian Guardil di jalan Pemkab Jagaraga tersebut. “Harapan kita mudah-mudahan akan bisa segera kita perbaiki kedepannya,” ujar Mashur. (Den)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •