Gubernur Deru Sinergikan Program Prioritas Pusat dan Daerah

0
Gubernur Sumsel, H Herman Deru didampingi Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto, membuka secara langsung Musrenbang RKPD Provinsi Sumsel Tahun 2023, di Hotel Santika Premiere Bandara, Rabu (13/4). Foto: Susilawati

PALEMBANG – Gubernur Sumsel, H Herman Deru didampingi Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto, membuka secara langsung Musrenbang RKPD Provinsi Sumsel Tahun 2023, di Hotel Santika Premiere Bandara, Rabu (13/4/2022).

“Arah pembangunan Provinsi Sumsel ini tidak boleh keluar dari frame RPJMD dan RPHPD. Rakor ini bertujuan untuk menyempurnakan dari apa yang selama ini belum selesai, atau yang selama ini belum tersentuh. Musrenbang inilah secara komprehensif  yang akan mengcover itu semua,” aku Gubernur Deru.

Menurut Herman Deru, visi “Sumsel Maju untuk Semua” akan terus dikebut melalui empat prioritas daerah Provinsi Sumsel di tahun 2023, yakni  meningkatkan kesejahteraan sosial, meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pembangunan infrastruktur dan wilayah berbasis lingkungan dan tata ruang, serta reformasi birokrasi dan stabilitas daerah.

“Musrenbang RKPD ini mempertemukan para pemangku kepentingan mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, serta Pemerintah Kabupaten dan Kota. Oleh sebab itu, kita harapkan akan disepakati program dan kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan tahun 2023 beserta pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi,” terangnya.

Deru menambahkan dalam mengalokasikan dana keuangan daerah harus betul-betul tetap sehingga hasilnya dilapangan jelas. Bahkan Pemprov tidak akan tinggal diam untuk membantu pembangunan  yang ada di kabupaten/kota.

“Kita gunakan keuangan daerah dengan sebijak mungkin agar hasilnya dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumsel, H Firmansyah menegaskan, perumusan RKPD Provinsi Sumsel Tahun 2023 dilakukan dengan berbagai kegiatan meliputi sinkronisasi perencanaan provinsi dan kabupaten/kota melalui musrenbang kabupaten/kota, sinkronisasi perencanaan nasional dengan provinsi.

Selanjutnya, menghadiri rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan nasional (Rakortekrenbangnas) dan Kickoff RKP Tahun 2023.

Lalu, pelaksanaan forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah dan pelaksanaan forum konsultasi publik RKPD Provinsi Sumsel Tahun 2023.

“Rancangan RKPD Provinsi Sumsel Tahun 2023 yang telah disusun, selanjutnya akan disempurnakan melalui Musrenbang ini berdasar masukan dari berbagai pemangku kepentingan. Hasil Musrenbang akan dirumuskan dalam berita acara kesepakatan yang akan ditandatangani oleh perwakilan stakeholder yang hadir,” paparnya.

Pada tahun 2023, lanjut Firmansyah, beberapa target Sumsel yang perlu dicapai antara lain pertumbuhan ekonomi mencapai 5,60 persen, tingkat kemiskinan turun menjadi 10,27 persen, tingkat pengangguran terbuka menurun menjadi 3,08 persen, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat menjadi 74,31, dan Indeks Gini menurun menjadi 0,26.

“Dalam rangka mencapai target tahun 2023 dengan program yang terintegrasi, prioritas daerah dijabarkan menjadi program prioritas daerah dan kegiatan prioritas daerah yang menjadi pedoman bagi perangkat daerah di Provinsi Sumsel untuk menyusun program/kegiatan/sub kegiatan nomenklatur pada masing-masing perangkat daerah,” pungkasnya. (sus)