Gubernur Sumsel Alokasikan Dana Rp25 Miliar Untuk Bangun RSUD

0

BATURAJA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel akan mengucurkan dana sebesar Rp25 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Ibnu Soetowo Baturaja. Dana ini akan dimasukan pada anggaran APBD Provinsi Sumsel pada tahun 2020 mendatang.

Hal demikian ditegaskan Gubernur Sumsel H Herman Deru saat menyampaikan sambutan pada rangkaian acara Rapat Paripurna Istimewa ke II DPRD OKU masa sidang ke 2 tahun 2019 dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabuapten OKU ke 109 tahun dipusatkan di Gedung Kesenian Baturaja, Senin (29/7).

“Saya sudah berbicang dengan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis mengenai pembangunan rumah sakit ini. Dari situlah kita akan mengucurkan dana Rp25 miliar untuk membantu pembangunan,” kata Deru.

Orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini berharap pelayanan rumah sakit yang sudah baik ini, kedepannya makin lebih baik lagi. “Ini bukan hutang. Ini bantuan dari pihak provinsi untuk pembangunan rumah sakit,” ucap Deru.

Pada kesempatan itu, Gubernur mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten OKU ke 109 tahun. Usia Kabuaten OKU bukan usia muda lagi. Namun juga belum bisa dikatakan kabupaten tua. Sebab masih ada daerah lain yang lebih tua, yang sudah ada sejak zaman kerajaan.

Deru menilai Kabupaten OKU mampu dan kuat mempertahankan kearipan lokal. Mulai dari busana adat, kesenian hingga bahasa adat yang masih digunakan sehari-hari.

“Kita ini mempunyai ciri khas. Walau sudah merantau jauh dan lama, tentu logat dan cara bicara kedarahan masih akan kelihatan. Kearipan lokak seperti ini harus dipertahankan. OKU mampu mempertahankan ketradisionalan ditengah kemajuan modernisasi, tapi OKU juga saat ini tidak ketinggalan modernisasi,” jelas Deru.

Paripurna tersebut dibuka langsung oleh Wakil Ketua DPRD OKU, Indrawati, didampingi Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani dan Wakil Ketua DPRD OKU Ferlan Yuliansyah. Hadir juga anggota DPRD OKU, Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, Wakil Bupati OKU, Drs Johan Anuar SH MM dan tamu undangan, baik dari dalam maupun luar daerah Kabupaten OKU. (kie)